Home Ekonomi Airlangga dan Sri Mulyani Besok Kunjungi Pelabuhan Priok Keluarkan 26 Ribu Kontainer

Airlangga dan Sri Mulyani Besok Kunjungi Pelabuhan Priok Keluarkan 26 Ribu Kontainer

Jakarta, Gatra.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati akan melakukan kunjungan ke Pelabuhan Tanjung Priok besok, Sabtu (18/5). Adapun, kunjungan dilakukan untuk mengeluarkan puluhan ribu kontainer dan melakukan sosialisasi tentang Permendag Nomor 8 Tahun 2024 tentang Kebijakan dan Pengaturan Impor.

“Besok saya dan Bu Menteri Keuangan akan ke Tanjung Priok untuk melihat sosialisasi dari Permendag yang baru ini," kata Airlangga dalam konferensi pers di kantornya, jakarta pada Jumat (17/5).

Airlangga mencatat setidaknya ada sekitar 26.415 kontainer yang tertahan di Pelabuhan Tanjung Priok dan Pelabuhan Tanjung Perak. Hal tersebut dikarenakan pada aturan sebelumnya yakni Permendag Nomor 36 Tahun 2023 pemerintah meminta pemilik usaha untuk mengajukan Persetujuan Impor (PI) dan Pertimbangan Teknis (Pertek) yang belum terbit.

Menurut Airlangga, hal ini sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang meminta barang yang bertumpuk tersebut untuk segera dikeluarkan.

“Bapak Presiden minta agar barang yang tertumpuk di pelabuhan ini bisa segera dikeluarkan," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Airlangga juga menjelaskan bahwa, Permendag baru pengganti Nomor 36 Tahun 2023 akan mengatur sejumlah kelompok barang impor yanh akan diberikan relaksasi syarat untuk impornya. Di antaranya, alas kaki, pakaian jadi, aksesoris, suplemen kesehatan, obat tradisional, hingga katuk.

"Dengan ditetapkan Permendag 8 diharapkan dapat menyelesaikan kedua permasalahan perizinan impor atau penumpukan kontainer di pelabuhan utama kita," pungkasnya.

17