Home Regional Pemkab Demak Serahkan Bantuan Hibah Organisasi Kemasyarakatan

Pemkab Demak Serahkan Bantuan Hibah Organisasi Kemasyarakatan

Demak, Gatra.com - Bupati Demak Eisti’anah secara simbolis menyerahkan bantuan hibah kepada organisasi kemasyarakatan yang ada di Kabupaten Demak, Selasa (21/5).

Bantuan tersebut diserahkan kepada 7 organisasi kemasyarakatan meliputi Nahdlatul Ulama (NU) dengan besaran bantuan sebanyak Rp1,5 milliar, Ikatan Alumni Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia Kabupaten Demak besaran bantuan Rp200 juta, Muhammadiyah sebanyak Rp200 juta, FKUB sebesar Rp200 juta. 

Baca Juga: Sekda Jateng Apresiasi Proyek Percontohan Sedimentasi Laut di Pantai Moro Demak

Kemudian, MUI dengan besaran bantuan Rp200 juta, Yayasan Rumah Inspirasi sebanyak Rp200 juta dan Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia Kabupaten Demak sebesar Rp100 juta.

Bupati Demak Eisti’anah menyampaikan, bantuan yang diberikan merupakan bentuk komitmen Pemkab Demak kepada seluruh organisasi kemasyarakatan yang ada di Kabupaten Demak.

“Ini juga wujud terimakasih kami karena organisasi kemasyarakatan membantu kinerja Kabupaten Demak dan juga menjaga kekondusifan di Demak,” ujarnya.

Menurutnya, ini suatu sinergi yang baik. “Semoga bentuk perhatian kita bisa meningkatkan kinerja di Kabupaten Demak,” sebutnya.

Baca Juga: Bupati Demak Sebut Sistem Pengendali Banjir Bendung Wilalung Perlu Evaluasi

Eisti juga berpesan kepada organisasi kemasyarakatan dalam penggunaan hibah harus transparan. ”Karena BPK ini banyak menyoroti penggunaan hibah,”ungkapnya.

Sementara, Kepala Badan Kesbangpol Kendarsih Iriani mengatakan, pada tahun 2024 ini besaran dana hibah berkurang. Hal tersebut dikarenakan keharusan Pemkab menghibahkan untuk KPU, Bawaslu TNI dan Polri.

”Karena selain hibah organisasi kemasyarakatan, kita juga harus menghibahkan kepada KPU, Bawaslu, TNI dan polri untuk Pemilukada. Ini suatu kewajiban yang harus kita lakukan,”jelas Kendarsih.

10