Home Regional Pemprov dan 35 Pemda di Jateng Raih Opini Kualitas Tinggi Pelayanan Publik 2023 

Pemprov dan 35 Pemda di Jateng Raih Opini Kualitas Tinggi Pelayanan Publik 2023 

Semarang, Gatra.com - Sekretaris Daerah Jawa Tengah, Sumarno menyatakan, Pemerintah Provinsi dan 35 pemerintah kabupaten/kota  di Jateng meraih opini kualitas tinggi pelayanan publik pada 2023 dari Ombudsman RI. 

“Penilaian dari Ombudsman di tahun 2022 adalah 97,14 persen dan sudah masuk zona hijau. Bahkan, untuk 2023 sudah hijau semua,” kata Sumarno saat membuka workshop "Penilaian Kepatuhan 2024" di Semarang, Rabu (22/5).

Baca Juga: Tugas Dua Pj Bupati Kembali Diperpanjang

Pada tahun 2023, kata Sumarno, semua pemerintah kabupaten/kota di Jateng mencapai kepatuhan 100% dan masuk zona hijau.

Dia menegaskan, aktivitas pegawai dalam memberikan pelayanan publik baik  langsung maupun tidak langsung harus dilakukan secara cepat, mudah, dan berkualitas.

Atas dasar itu. mereka harus memiliki kapasitas yang baik. Sebab, setiap sikap yang dilakukan akan perpengaruh terhadap penilaian masyarakat.  

Sementara itu, Anggota Ombudsman RI, Robert Na Endi Jaweng mengatakan, Provinsi Jateng selalu langganan hijau dalam pelayanan publik, baik di provinsi maupun kabupaten/kota. 

Baca Juga: Pemprov Jateng Kirim Empat Pelajar untuk Calon Paskibraka Nasional

“Oleh karena itu, Jateng harus tidak lagi puas dengan hasil hijau yang diberikan oleh Ombusdman, tetapi harus menuju level selanjutnya. Yaitu level yang terkait dampak bagi pencapaian kinerja makro pembangunan," katanya.

Menurut dia, pencapaian-pencapaian kinerja makro pembangunan musti menjadi fokus utama Pemprov Jateng. Salah satunya adalah penurunan angka kemiskinan ekstrem. 

Caranya melalui perbaikan-perbaikan di sejumlah titik strategis pelayanan publik di bidang kesehatan pendidikan, sosial, lapangan pekerjaan, dan sebagainya.

55