Home Politik PKB Merapat ke PDI Perjuangan, Daftarkan Kader Internal di Pilkada 2024

PKB Merapat ke PDI Perjuangan, Daftarkan Kader Internal di Pilkada 2024

Karanganyar, Gatra.com - Di hari terakhir membuka pendaftaran bakal cabup cawabup, Senin (27/5), PDI Perjuangan Karanganyar, Jateng kedatangan dua tokoh internal Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Keduanya melamar bakal calon wakil bupati.

Dua kader internal PKB tersebut yakni Ketua Dewan Syuro Tony Hatmoko dan Ketua DPC PKB Sulaiman Rosyid.

Tony mengambil formulir didampingi istri serta Ketua Penjaringan Cabup Cawabup PKB Karanganyar, Tiara Puspita. Keperluan mereka dilayani Ketua Penjaringan Cabup Cawabup PDI Perjuangan Karanganyar, Latri Listyowati.

Tony mengaku mantap berebut rekomendasi dari PDI Perjuangan untuk calon wakil bupati. Ia menyebut PKB dengan PDI Perjuangan memiliki benang merah memperjuangkan kemenangan di pemilu.

"Niat dari PKB mendaftar ke PDIP di penjaringan Cabup Cawabup. PDIP dan PKB punya sejarah perjuangan sama. Saya harap rekomendasi dari DPP turun untuk Bagus Selo dan Tony Hatmoko," kata Tony.

Sejauh ini, hanya Rober Christanto yang mendaftar calon bupati di penjaringan DPC PDI Perjuangan Karanganyar. Rober merupakan Wakil Ketua DPC PDIP Karanganyar sekaligus mantan wakil bupati. Sedangkan Bagus Selo yang juga Ketua DPC PDIP Karanganyar sekaligus Ketua DPRD Karanganyar belum ada tanda-tanda akan mendaftar hingga hari terakhir pendaftaran.

"Saya berharap Ketum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri memberikan rekomendasi calon bupati Karanganyar kepada Bagus Selo. Beliau mumpuni, pemimpin berdedikasi dan loyal," katanya.

Ketua Penjaringan Cabup Cawabup PKB Karanganyar, Tiara Puspita mengatakan Tony mendadak melamar ke PDIP. Menurutnya, sudah lama ia mendengar Tony akan melamar ke PDIP. Namun tidak menyangka keputusan Tony direalisasi di hari terakhir pendaftaran PDIP. Ia menyebut Tony direstui maju Pilbup Karanganyar 2024 oleh partainya.

"Sebetulnya enggak ada arahan DPP PKB agar mas Tony daftar ke PDIP. Namun ini baru pendaftaran, saya kira enggak masalah. Terkait calon yang akan didampingi Tony, tentunya melihat figurnya siapa," katanya.

Tiara menyebut gamblang PKB lebih cocok berkoalisi dengan PDI Perjuangan di Pilbup Karanganyar 2024.

"Lebih sreg bersama PDI Perjuangan," katanya.

Sebelumnya, Ketua DPD II Golkar Karanganyar melamar calon bupati di penjaringan PKB. Golkar sendiri tidak membuka penjaringan untuk calon wakil bupati. Satu-satunya calon bupati yang direkomendasi Golkar hanyalah ia seorang.

Sementara itu Latri Listyowati mengatakan delapan orang melamar di penjaringannya hingga hari terakhir. Rinciannya, satu lamaran calon bupati dan tujuh calon wakil bupati.

"Semua lamaran disodorkan ke DPD kemudian DPP. Mekanisme selanjutnya di jajaran pusat. Kami hanya memfasilitasi pendaftaran," katanya.

272