Home Ekonomi Gelar RDP, Ini Penilaian Komisi VIII DPR Terhadap Pengumpulan & Penyaluran ZIS oleh BAZNAS

Gelar RDP, Ini Penilaian Komisi VIII DPR Terhadap Pengumpulan & Penyaluran ZIS oleh BAZNAS

Jakarta, Gatra.com - Komisi VIII Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI mengapresiasi Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) atas capaian pengumpulan dan penyaluran Zakat Infak Sedekah (ZIS) dan Dana Sosial Keagamaan Lainnya (DSKL) pada tahun 2023.

Hal itu disampaikan Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI H Abdul Wachid saat membacakan kesimpulan Rapat Dengar Pendapat (RDP) antara Komisi VIII DPR RI dengan BAZNAS RI pada agenda "Pelaksanaan Program Zakat Tahun 1445H/2024 dan Isu-isu Aktual Lainnya" di Gedung DPR, Senin (27/5).

"Komisi VIII DPR RI mengapresiasi realisasi pengumpulan dan penyaluran ZIS-DSKL tahun 2023 berdasarkan data per 27 Februari 2024," kata Abdul Wachid.

Abdul Wachid merincikan pengumpulan ZIS-DSKL nasional realisasinya sebesar Rp 32.321.191.779.419, (Rp32,3 Triliun), penyaluran ZIS-DSKL nasional realisasinya Rp 31.199.428.031.786 (Rp31,2 Triliun), pengumpulan ZIS-DSKL BAZNAS Pusat sebesar Rp881.555.283.618 (Rp881,5 miliar) dan penyaluran ZIS-DSKL BAZNAS Pusat sebesar Rp675.091.571.281 (Rp675,1 miliar).

Komisi VIII DPR RI juga mendukung BAZNAS RI agar merealisasikan semaksimal mungkin target pengumpulan ZIS-DSKL pada tahun 2024 yang direncanakan sebesar Rp1 triliun.

Selain itu, Komisi VIII DPR RI mendorong BAZNAS RI untuk meningkatkan pengelolaan zakat pada tahun 2024, salah satunya memaksimalkan pengumpulan dan penyaluran potensi zakat, baik berasal dari kementerian/lembaga, Badan Usaha Milik Negara (BUMN), dan masyarakat melalui peningkatan koordinasi, sinergi, dan kolaborasi dengan BAZNAS Daerah dan LAZ.

"Komisi VIII DPR RI akan mengupayakan peningkatan anggaran operasional BAZNAS yang bersumber dari APBN yang dialokasikan untuk program pengarusutamaan ZIS-DSKL dan operasional kelembagaan," tutur Abdul Wachid.

Sementara itu, Ketua BAZNAS RI Noor Achmad, mengucapkan terima kasih kepada Komisi VIII DPR RI yang terus bersinergi bersama BAZNAS dalam merealisasikan program-program pengentasan kemiskinan melalui pengumpulan dan penyaluran ZIS-DSKL.

"Kami ucapkan terima kasih kepada Bapak Ketua, Wakil Ketua dan seluruh Bapak/Ibu Komisi VIII DPR RI yang telah membuat sejarah baru bersama BAZNAS dalam rangka penguatan BAZNAS khususnya dalam rangka untuk mengentaskan kemiskinan," ucapnya.

"Kami merasakan betul bahwa kekuatan BAZNAS sekarang ini luar biasa dan kita akan bangun ke depan agar lebih baik lagi, " tutup Kiai Noor.

13