Home Ekonomi Harga Kerbau Jelang Kurban Melonjak Naik

Harga Kerbau Jelang Kurban Melonjak Naik

Pati, Gatra.com - Harga jual ternak kerbau merangkak naik menjelang Hari Raya Iduladha. Bahkan lonjakan harga tembus Rp5 juta di Pasar Hewan Wage, Kecamatan Margorejo, Kabupaten Pati, Jawa Tengah.

Penjual Kerbau Pasar Wage, Marsum, mengatakan kenaikan bervariasi mulai dari 2 juta-5 juta rupiah, tergantung ukuran dan bobot kerbau pilihan.

"Harganya Rp24 juta, Rp25 juta yang ramai di bawah Rp25 juta. Ada yang besar Rp35 juta. Yang Rp25 juta ke bawah ada kenaikan, sekitar jatuhnya naik Rp 2 juta sampai Rp5 juta," ujarnya, Kamis (30/5).

Hal senada juga dituturkan Suparwan, pedagang kerbau lain di pasar hewan. Harga kerbau bervariasi, mulai dari Rp25 juta sampai dengan Rp30 juta.

"Rp25 juta, Rp26 juta, sampai Rp30 juta lebih juga ada, tergantung pemesanan, harga rata-rata Rp25 juta. Berbeda harga tergantung ukuran dan usia kerbau," sebutnya.

Terlepas dari itu, menurutnya animo masyarakat untuk membeli hewan kurban saat ini masih lesu. Alasannya, Iduladha yang terbilang masih jauh.

"Ya kurang seminggu kurban biasanya baru ramai yang beli, biasanya seperti itu di pasar ini. Sementara ini paling bisa laku satu-dua saja sehari," pungkasnya.

19