Home Teknologi Pakar TIK: Starlink Berpotensi Jadi Solusi Upaya Pemerataan Internet

Pakar TIK: Starlink Berpotensi Jadi Solusi Upaya Pemerataan Internet

Jakarta, Gatra.com - Ketua Umum Komite Penyelarasan Teknologi Informasi dan Komunikasi (KPTIK), Dedi Yudianto, menyebut kehadiran layanan Starlink di Indonesia dapat dimanfaatkan untuk menjangkau kawasan terdalam yang belum memiliki akses terhadap internet.

Apalagi, Dedi menyebut pekerjaan rumah terhadap pemerataan akses internet di tanah air masih belum terselesaikan menyeluruh. Tak menutup kemungkinan, sambung dia, kehadiran layanan internet berbasis satelit seperti Starlink bisa menjadi jawaban atas persoalan itu.

"Mungkin saja, kehadiran Starlink bisa memberi akses merata untuk bisa mendapatkan pelayanan edukasi online secara gratis atau berbayar dengan sangat mudah, murah, dan banyak pilihan," ujar Dedi kepada wartawan, Sabtu (8/4).

Dengan pemerataan itu pun, anak-anak muda pedalaman dan pegunungan kini memiliki kesempatan yang sama dengan anak-anak perkotaan di pulau Jawa dan kota-kota besar penyanggah.

Pengusaha bidang IT ini juga mengatakan, di era Serba Digital dan Online saat ini, sangat memudahkan siapapun kerja dan belajar. Kata dia, usaha bisa darimana saja sejauh ada internet bagus dan tersedia listrik.

"Kondisi ini merupakan peluang besar yang harus bisa dimanfaatkan para konten kreator dan pebisnis online untuk pemasaran online. Bahkan para pekerja dan pengusaha bisa menggunakan layanan Starlink dengan internet berkecepatan tinggi," jelasnya.

Apalagi kata Dedi, jika tersedia harga sangat terjangkau dan tentunya ini akan merubah pola pekerjaan yang selama ini sudah berjalan bagus.

"Hal ini akan memberikan koreksi nyata bagi para operator fiber optik dan wireless dengan kapasitas infrastrukturnya besar tapi bandwidth-nya kecil," jelasnya. 

47