Home Olahraga Kejuaraan Paralayang Internasional Digelar di Lombok

Kejuaraan Paralayang Internasional Digelar di Lombok

Mataram, Gatra.com - Sejumlah event internasional Paralayang akan berlangsung di Skylancing, Desa Mekar Sari, Lombok Tengah. ”Ada dua event internasional bulan Juli 2024 mendatang,” ujar Sekretaris Pengprov FASI NTB, Roy Rahmanto di Mataram Minggu, (9/6).

Dijelaskan, event pertama adalah Asian League Paragliding Accuracy 2024 yang berlangsung 6-9 Juli. Kompetisi ini bisa diikuti peserta yang berada di kawasan Asia. ”Pendaftaran sudah dibuka. Masih ada waktu sebulan lebih,” katanya.

Event kedua adalah lanjutan Paragliding Accuracy World Cup (PGAWC) Seri 4 yang berlangsung 11-14 Juli, ini merupakan event keempat dari lima seri yang berlangsung 2024. Seri pertama dimulai di Thailand. Kemudian seri kedua berlanjut ke PGAWC Alanya Turki. Sedangkan seri ketiga berlangsung di Taldykorgan, Kazakhstan pada 13 Juni.

”Seri terakhir atau kelima nanti di Jerman,” tuturnya.

Sebagaimana diketahui, NTB mulai mendapatkan kesempatan menjadi tuan rumah PGAWC sejak 2023 lalu. Kejuaraan dunia PGAWC 2023 diikuti 99 peserta yang sudah mendaftar secara online berasal dari 20 negara.

Namun karena peserta dibatasi 80 orang, maka penentuan peserta yang bisa ikut dalam event ini akan dilihat berdasarkan peringkat dunia.

”Tetap ada kuota untuk PGAWC. Jadi berapapun yang mendaftar nanti diseleksi sesuai jumlah kuota,” jelasnya.

Untuk seri pertama PGAWC di Thailand, NTB menurunkan satu atlet. Atlet paralayang NTB Naufal Hammam turun sebagai perwakilan klub Skylancing pada kejuaraan dunia tersebut.

”Di Thailand itu ada 27 wakil Indonesia. Semoga nanti di sini lebih banyak lagi. Karena tuan rumah punya keuntungan sendiri soal kuota,” tukasnya.

15