Sejuta Lebih Mobil di Jakarta Belum Bayar Pajak

Gubernur DKI Anies Baswedan. (GATRA/Aprillio Akbar/AK9)

Jakarta, Gatra.com - Lebih dari 1,052 juta kendaraan roda empat di Jakarta belum membayar pajak kendaraan bermotor (PKB) di tahun 2017. Angka tersebut diumumkan langsung Gubernur DKI Anies Baswdan di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat.

Anies mengatakan jumlah kendaraan roda empat aktif di Jakarta mencapai 2,93 juta. Namun disayangkan, lebih dari 1,052 juta di antaranya belum bayar pajak.

"1,052 juta kendaraan roda empat belum membayar pajak di 2017. Kita tidak bisa mendiamkan ini," kata Anies kepada awak media, Jumat (12/1) 

Eks Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini menyesalkan banyak wajib pajak (WP) tidak taat membayar pajak. Anies memerintahkan Badan Pajak dan Retribusi Daerah (BPRD) DKI mengejar pemilik kendaraan yang menunggak pajak.

"Mereka sudah memakai jalan, fasilitas sudah mereka pakai tapi ada tanggung jawab yang belum diselesaikan. Kita akan kejar mereka sampai mau bayar pajak," kata Anies.

Sementara itu, Penerimaan pajak dan retribusi tahun 2017 melampaui target sebesar Rp 36,499 trilyun. Dalam Rencana Anggaran dan Pendapatan Belanja Daerah (R-APBD) 2017, ditargetkan sebesar Rp 35,359 trilyun. 

Kepala BPRD DKI Edi Sumantri mengatakan penerimaan pajak per 31 Desember 2017 mencapai 103,54% atau surplus Rp 1,2 trilyun. Kontribusi paling besar disumbang oleh Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) Rp 8 trilyun. 


Reporter : Abdul Rozak

Editor : Sandika Prihatnala

Share this article

Tagged under