Pertamina DI Yogyakata Siapkan Kantong BBM

Yogyakarta,GATRAnews - Mengantisipasi melonjaknya permintaan, Pertamina DI Yogyakarta menyediakan kantong-kantong penyuplai bahan bakar minyak (BBM) ke stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU). Selain kantong BBM, dua unit kendaraan bermotor dengan kapasitas 30 liter siap 24 jam di jalur selatan Daendels.

 

Marketing Branch Manager Pertamina DI Yogyakarta dan Surakarta Dody Prasetya menjelaskan kantong-kantong BBM ini berupa mobil tangki kapasitas 24.000 liter.

“Kantong BBM ini 2 unit kami siapkan di jalur Wonosari, Gunungkidul, dan 1 unit untuk jalur Parangtritis, Bantul. Armada yang siap malam sebelumnya, diharuskan menyuplai SPBU terdekat pada pagi hari,” jelas Dody usai rapat koordinasi persiapan Lebaran dengan Gubernur DI Yogyakarta, Senin (19/6).

Hal ini sebagai antisipasi jika terjadi kekurangan BBM di SPBU karena jika menunggu kiriman dari TBBM Rewulu dikhawatirkan terhambat lalu lintas.

Pemilihan jalur Wonosari dan Parangtritis ini menurut Dody karena tiga tahun terakhir kendaraan yang melintas meningkat, terutama saat liburan panjang.

“Khusus jalur selatan Daendels, terutama  di perbatasan DI Yogyakarta dan Jawa Tengah, kami siapkan dua unit sepeda motor pengangkut BBM dengan kapasitas 30 liter yang siap 24 jam untuk membantu kendaraan yang kehabisan BBM,” imbuhnya.

Menurut Dody, sejak 10 Juni atau H-15 Lebaran,  Pertamina telah menginstruksikan semua SPBU buka 24 jam sampai H+15. Pertamina memprediksi selama libur Lebaran ada kenaikan untuk gasoline (Premium, Pertamax, Pertalite, dan Pertamax Dex) sebesar 40-50% atau menjadi 1.844 kiloliter per hari. Sedangkan untuk solar naik 20% menjadi 340 kiloliter per hari.

“Untuk konsumsi premium, akan terjadi penurunan sebesar 20-30% per hari. Ini karena mobil dari kota besar seperti Jakarta, Semarang, dan Surabaya sudah familiar mengonsumsi Pertalite maupun Pertamax,” pungkas Dody.




Reporter: Arif Koes Hernawan
Editor: Rosyid

Share this article