Rayakan Pelantikan Gubernur, DI Yogyakarta Gelar Kenduri di Enam Lokasi

Yogyakarta, gatracom - Masyarakat DI Yogyakarta berencana menggelar kenduri besar di enam lokasi di  kabupaten dan kota pada 20-21 Oktober. Kenduri ini diharap menjadi atraksi wisata yang menarik minat wisatawan.



Kepala Seksi Objek Daya Tarik Wisata Dinas Pariwisata DI Yogyakarta Wardoyo mengatakan gelaran kenduri ini  sebagai simbol rasa syukur warga atas pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur DI Yogyakarta periode 2017-2022. 

 "Kenduri ini juga sebagai simbol bahwa masyarakat turut mangayubagyo (berbahagia) atas pelantikan kedua pemimpin. Kenduri akan dipusatkan di empat kabupaten dan Kota Yogyakarta sehingga menampilkan karakter tiap masyarakat di sana,” kata Wardoyo, Kamis (12/10).


Kenduri digelar di enam lokasi yang  mewakili unsur alam dan masyarakat. Untuk Bantul, kenduri digelar di Laguna Pantai Depok dengan nama Kenduri Segara. Selain kenduri, ada parade bregada atau prajurit keraton, sepeda kuno, perahu hias, dan ditutup dengan pagelaran wayang kulit semalam suntuk.


Kenduri kedua akan digelar di Gunung Api Purba Nglanggeran, Gunungkidul, dan dinamakan Kenduri Gunung yang mewakili masyarakat di pegunungan. Ketiga adalah Kenduri Pedusunan yang mewakili masyarakat desa dan digelar di sekitar Candi Banyunibo di Kabupaten Sleman.


Keempat adalah Kenduri Telaga di Waduk Sermo, Kulon Progo. Kenduri ini mewakili masyarakat yang tinggal di sekitar sumber air. “Kenduri kelima adalah Kenduri Wana yang akan diadakan di Hutan Pinus Mangunan, Bantul. Kenduri ini mewakili masyarakat yang tinggal di sekitar hutan,” tutur dia.


Terakhir adalah Kenduri Kutanegara yang akaan digelar di depan Kantor Gubernur, di Kepatihan, Malioboro. Kenduri ini mewakili masyarakat yang tinggal di perkotaan. "Rangkaian kenduri ini diawali Kenduri Kutanegara pada 20 Oktober jam 10 pagi lalu disusul lima kenduri lain 21 Oktober,” ujarnya.

 

Adapun Sekretaris Daerah Pemda DI Yogyakarta Gatot Saptadi mengatakan selain pesta budaya, juga dilaksanakan  tasyakuran di Pura Pakualaman dan Keraton Yogyakarta. “Acara lintas agama ini dihadiri perwakilan dan tokoh agama DI Yogyakarta,” kata Gatot.




Reporter: Arif Koes H
Editor: Rosyid







Share this article