Wapres JK: Presiden Palang Merah Internasional minta Indonesia Aktif Bantu Konflik di Asean

Jakarta, GATRAnews - Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla mengaku banyak hal yang dibicarakan dengan President Director the International Committe of the Red Cross (ICRC) Peter Maurer, ketika berkunjung ke Kantor Wakil Presiden. “Bicara tentang kemanusiaan. Kalau ada perang, konflik,” kata Wapres kepada sejumlah awak media di Kantor Wapres, Jl Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Senin (20/3).

 

Wapres mengatakan bahwa Predir Palang Merah Internasional itu berharap Indonesia banyak melibatkan diri mengatasi masalah-masalah kemanusiaan, seperti konflik khususnya di wilayah Asia Tenggara.

 

“Dia meminta Indonesia meningkatkan kerjasama dalam mengatasi masalah kemanusiaan, konflik khususnya di Asia Tenggara, di Rohingya Myanmar, Thailand, Philipina,” kata Wapres.

 

Wapres juga mengatakan bahwa perlu ada program persiapan-persiapan menangani permasalahan kemanusiaan sebelum terjadinya konflik apakah itu berupa pelatihan-pelatihan ataupun pendidikan-pendidikan yang berkaitan dengan relawan kemanusiaan.

 

“Harus ada pendidikan-pendidikannya. Bekerja bersama, program bekerja bersama dan relawan dapat lebih banyak,” katanya.

 

Sementara itu Peter Maurer usai bertemu dengan Wapres ketika ditanya mengaku senang diterima Wapres JK dan berharap dapat bekerjasama dengan pemerintah Indonesia lebih erat lagi di bidang kemanusiaan.

 

“Kami sangat senang selama ini dapat bekerjasama di berbagai kegiatan dengan pemerintah di Indonesia dan ke depan dapat lebih ditingkatkan lagi melalui berbagai kegiatan seperti pelatihan-pelatihan dan pendidikan,” katanya.


Reporter: Anthony Djafar

Editor: Dani Hamdani

Share this article