Soal Mogok, Istana: Mobil Jokowi Rutin Diservis, Masih Layak Pakai

Jakarta, GATRAnews - Mobil Dinas Presiden Joko Widodo mogok saat rombongan kenegaraan berkunjung ke Kalimantan Barat (Kalbar), pada Sabtu (18/3) kemarin. Itu terjadi di Kabupaten Kubu Raya, Kalbar dekat Bandara Supadio saat Jokowi hendak makan siang dan pulang ke Jakarta.

Kepala Sekretariat Presiden Darmansjah Djumala menyebut mobil RI-1 yang sempat mogok saat kunjungan kerja Presiden ke Kalimantan Barat (Kalbar) beberapa waktu lalu karena faktor umur kendaraan tersebut.

"Jelas terjadi pelemahan akselerasi. Istilahnya faktor 'umur'. Diinjak gas tidak 'lari'. Untuk ukuran VVIP masih layak, diperiksa karena dilakukan rutin," katanya di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (20/3).

Mogoknya mobil berplat RI 1 itu diduga karena ada masalah pada pengaturan gas, sehingga laju kendaraan tidak bisa dalam keadaan normal. Menurut Djumala, mobil merek Mercedes Benz S-600 keluaran tahun 2007 itu termasuk dalam kondisi baik karena pemeliharaan rutin dan reguler sesuai dengan "log book" yang terdata serta secara rutin diservis bulanan atau servis berkala. 

"Mobil Presiden itu ada beberapa, yang bagus kita pakai, yang dulu-dulu kita pakai karena pemeliharaan rutin bagus," lanjutnya.


Reporter: Ervan Bayu

Editor: Nur Hidayat

 

 

Share this article