Panglima TNI: Garis Komando Tertinggi Tetap Ditangan Presiden

Presiden Joko Widodo (kanan) bersama Panglima TNI Gatot Nurmantyo (GATRAnews/Ervan Bayu/HR02)

Jakarta, GATRAnews - Panglima TNI Gatot Nurmantyo meyakinkan dan menjamin kepada Presiden RI Joko Widodo bahwa garis komando tertinggi TNI berada ditangan Presiden.

"TNI berbeda dengan organisasi lain, TNI mengutamakan kesatuan garis komando. Garis komando tertinggi dari Presiden kepada Panglima dan terus ke bawah, dan saya jamin garis komando di TNI terlaksana," ujar Panglima TNI Gatot Nurmantyo dalam sambutannya di acara buka bersama puluhan ribu prajurit TNI dengan Presiden RI Joko Widodo di Mabes TNI, Cilangkap, Senin (19/6).

Menurutnya, garis komando harus dipegang teguh TNI karena TNI dilengkapi alutsista persenjataan yang mematikan. Gatot menyatakan siap bertanggungjawab jika garis komando tidak terlaksana di tubuh TNI.  "Kalau tidak terlaksana saya yang bertangggungbjawab," sambung dia.  

Panglima meminta Presiden tidak meragukan TNI. Dia menegaskan TNI siap

digerakkan kapan pun sesuai perintah Presiden. Jenderal Gatot juga memastikan bahwa prajurit TNI tidak mengenal kata gagal dalam melaksanakan tugasnya.

TNI akan melakukan segala upaya agar tugas terlaksana dengan baik, sebab kegagalan akan berujung pada hancurnya NKRI. "Ini yang perlu bapak yakini. Kalau sekaranga ada 'riweuh', itu hanya bumbu saja dan itu cara agar TNI tetap utuh," ucapnya.

Acara ini dihadiri pula oleh Wapres Jusuf Kalla, para menteri Kabinet Kerja, pimpinan lembaga tinggi negara dan Kepala Staf Angkatan.


Reporter: Ervan Bayu

Editor: Nur Hidayat

 

 

Share this article