Ini Dia Hasil Survei Kinerja Jokowi-JK Selama Tiga Tahun

Presiden Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla (Setpres/HR02)

Jakarta, GATRAnews - Komite Aksi Mahasiswa dan Pemuda untuk Demokrasi (Kampud) menilai, kinerja pemerintahan Joko Widodo dan Jusuf kalla (Jokowi-JK) selama tiga tahun telah menunjukkan keberhasilannya. Oleh karena itu dukungan penuh harus diberikan kepada pasangan Jokowi-JK demi terciptanya pembangunan yang maksimal.


“Apa yang dilakukan Jokowi-JK selama tiga tahun berjalan sudah benar. Apa yang mereka berdua lakukan semakin menguatkan kita semua tentang optimisme atas pembangunan dan perbaikan kondisi bangsa Indonesia dimasa depan,” tegas Koordinator Kampud, Muhibullah, di Jakarta, Selasa (12/9).

Diketahui sebelumnya, Centre for Strategic and International Studies(CSIS) mengeluarkan rilis melalui jajak pendapat yang dilakukan pada 23-30 Agustus 2017. Survei menyebutkan, selama 3 tahun memerintah, 2015-2017, tingkat kepuasan publik terhadap kinerja Jokowi-JK mengalami kenaikan.

Tingkat kepuasan publik terhadap kinerja pemerintahan Jokowi-JK pada tahun 2015 sebesar 60.6 %, lalu naik menjandi 66.5% pada tahun 2016, dan pada tahun 2017 naik lagi menjadi 68.3%.

Di bidang ekonomi, tingkat kepuasaan publik pada tahun 2017 mencapai 56.9% dari sebelumnya hanya bertengger 30.0% di tahun 2015. Di bidang hukum, tingkat kepuasan publik mencapai 64.0%.

Begitupun dengan tingkat kepuasan di bidang-bidang utama seperti ekonomi, hukum dan maritim juga mengalami kenaikan dari tahun sebelumnya.

Tingkat kepuasan publik terhadap kinerja pemerintahan Jokowi-JK pada tahun 2015 sebesar 60.6%, lalu naik menjadi 66.5% pada tahun 2016, dan pada tahun 2017 naik lagi menjadi 68.3%.

Bukan hanya pembangunan fisik, pemerintahan Jokowi-JK juga menunjukkan komitmennya untuk membentengi ideologi negara dari rongrongan dan gerusan dampak negative globalisasi dengan membentuk Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP-IP).

“Begitupun dengan Perpu tentang Ormas yang dikeluarkan oleh Presiden Jokowi merupakan bentuk keberanian Jokowi dalam menjaga keutuhan dan tetap tegaknya ideologi Pancasila di bumi pertiwi,” tambah Muhibullah.


Editor: Arief Prasetyo

Share this article

Tagged under