Mendikbud Minta Dana Desa Dipakai untuk Bangun Perpustakaan Desa

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendi (GATRA/Agriana Ali/HR02)

Jakarta, GATRAnews - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendi ‎meminta agar Dana Desa dapat digunakan untuk membangun perpustakan di desa-desa. Menurut Muhadjir, permintaan tersebut berdasarkan aspirasi dari para pegiat pustaka yang ada di berbagai daerah.

"‎Aspirasi pegiat pustaka itu agar Dana Desa bisa digunakan untuk kepustakaan desa," ujar Muhadjir saat memberikan sambutan di acara peresmian Perpustakaan Nasional (Perpusnas) di Jalan Medan Merdeka Selatan, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (14/9).

Muhadjir menjelaskan, bahwa pembangunan Purpusnas ini merupakan amanat dari Presiden Soekarno. Pasalnya, Perpusnas dapat menjadi tempat dan menjadi simbol khazanah pengetahuan nasional dari bangsa Indonesia.

"Arsitektur ini mengambi konsep bangunan sebagai jendela dunia dan perpustakaan ini juga menjadi simbol untuk menjelajah dunia. Perpusnas ini juga akan mampu menampung 25 juta eksamplar (buku) dalam 20 tahun mendatang," tuturnya.

Ia menambahkan, Perpusnas ini telah mampu menjadi jaringan pusat perpustakaan yang ada di Indonesia. Dengan terintegrasinya Perpusnas ini diharapkan mampu menghimpun seluruh jaringan perpustakaan yang ada.

"‎Perpustakaaan nasional ini akan menjadi jaringan pusat perpustakaan di Indonesia. Dengan demikian adanya perpustakan modren akan bisa menghimpun jaringan luas untuk seluruh Indonesia," ucapnya.


Reporter: Ervan Bayu

Editor: Nur Hidayat

Share this article