Kapolri: Total Personel Densus Tipikor Mencapai 3.650 Orang

 

 

Kapolri Jenderal Pol. Tito Karnavian mengikuti Rapat Kerja dengan Komisi III DPR RI (ANTARA/Wahyu Putro/HR02)

Jakarta, Gatracom - Kapolri Jenderal Tito Karnavian menyebutkan, jika terealisasi pembentukan Densus Tipikor akan membutuhkan 3.650 personel. Struktur organisasinya juga terbagi melaui Satgas berdasarkan tiga tipe.

 
“Densus ini akan dibawahi oleh (Jenderal) bintang dua. Kemudian akan dibentuk Satgas-satgas Tipikor kewilayahan yang dibagi menjadi tiga tipe. Yakni 6 Satgas untuk tipe A, 14 Satgas tipe B dan 13 Satgas tipe C. Kedudukan Kadensus Tipikor di bawah langsung Kapolri. Jumlah kebutuhan 3.560 personel,” jelas Kapolri dalam Rapat Kerja dengan Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), Kamis (12/10).
 
Selain struktur, anggaran untuk operasional Densus Tipikor juga telah dihitung. Menurut Kapolri, kajian anggaran ini mirip dengan yang berlaku di Komisi pemberantasan Korupsi (KPK), di mana anggaran untuk penyelidikan dan penyidikan menggunakan sistem index dan sistem adcost.
 
Hasilnya, untuk belanja pegawai (3.560 personel) mencapai Rp 786 milyar, belanja barang operasional untuk penyelidikan, penyidikan sebesar Rp 359 milyar sedangkan belanja modal sebesar Rp 1,55 trilyun.
 
“(Belanja modal) termasuk membuat sistem dan kantor serta pengadaan alat penyelidikan, surveilance, penyidikan. Kemudian totalnya mencapai Rp 2,6 triliun,” terang jenderal bintang empat ini.


Reporter: Wem Fernandez  
Editor: Arief Prasetyo

 

Share this article