Serahkan DIPA, Jokowi Ingatkan Awasi Penggunaanya

Presiden Joko Widodo memberikan penghargaan kepada gubernur, bupati, dan walikota yang dinilai berhasil menata keuangan daerah. (GATRA/Eva Agriana Ali/AK9)

Bogor, Gatra.com- Pemerintah telah menetapkan Anggaran Pendapatan Belanja Nasional ‎(APBN) 2018 mencapai Rp 2.220,7 triliun. Untuk itu, presiden Joko Widodo mengajak semua pihak untuk mengawasi penggunaannya mulai dari perencanaan hingga penyaluran uang rakyat tersebut.

 

"Ini angka yang sangat besar. Harus kita jaga bersama-sama,” kata Jokowi dalam acara Penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Buku Daftar Alokasi Transfer ke Daerah dan Dana Desa Tahun 2018 di Istana Bogor, Jawa Barat, Rabu (6/12).

DIPA yang dialokasikan ke Kementerian dan lembaga angkanya sebesar Rp 847,4 triliun. Sementara untuk anggaran Dana Desa juga telah diberikan ke pemerintah daerah dengan besaran Rp 766,2 triliun.

‎"Sekali lagi jumlah ini adalah angka yang sangat besar. Oleh sebab itu perlu perbaikan kualitas yang salah satunya tentu saja dengan mempelajari persoalan-persoalan (kesalahan) yang lalu, supaya tidak ulangi lagi,” kata Jokowi.

Jokowi mengingatkan agar penggunaan anggaran dapat belajar dari kesalahan masa lalu untuk tidak terulang kembali. “Sangat kebangetan sekali kalau kita sudah tahu kalau (kesalahan) itu keliru, itu salah, tapi masih kita ulang-ulang,” katanya.


Reporter: Ervan Bayu

Editor: Anthony Djafar

 

 

 

Share this article