Mantan Pengacara Setnov Frederich Yunadi Ditetapkan Sebagai Tersangka

Fredrich Yunadi. (Antara/Reno Esnir/AK9)

Jakarta, Gatra.com -  Mantan pengacara Setya Novanto (Setnov), Frederich Yunadi dikabarkan telah ditetapkan menjadi tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Frederich diduga menghalang-halangi penyidikan kasus mega korupsi proyek pengadaan Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP-el)  yang menjerat mantan ketua umum Golkar Setnov.


"Ya, kalau proses lanjutan dari penyelidikan sudah dilakukan. Informasinya sudah penyidikan (ditetapkan sebagai tersangka). Sore ini akan diumumkan," ucap Juru Bicara KPK Febri Diansyah, di gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan.


Sebelumnya, KPK telah meminta imigrasi untuk mencegah Fredrich berpergian ke luar negeri untuk masa enam bulan ke depan, sejak 8 Desember 2017. Pencegahan Fredrich dilakukan untuk kepentingan penyelidikan dugaan menghalang-halangi penanganan perkara korupsi e-KTP.

Sementara itu, Fredrich mengaku belum mengetahui penetapan dirinya sebagai tersangka oleh KPK. Dia pun meminta wartawan untuk  mengonfirmasi kepada Ketua Tim Pembela Advokat DPN Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi), Saproyanto Refa.

"Saya belum tahu namun segala sesuatu silahkan hubungi langsung Ketua Tim hukum DPN Peradi," kata Fredrich melalui rilisnya. Tak hanya Frederich yang dicegah ke luar negeri, KPK juga telah mencegah mantan kontributor Metro TV Hilman Mattauch ke luar negeri karena kasus yang sama dengan Frederich.



Reporter: VRU

Editor: Hendri Firzani

Share this article