Fadel: Penunjukan Ketua DPR Akan Dikonsultasikan Dengan Presiden

Fadel Muhammad. (Antara/Jessica Helena Wuysang/AK9)

Jakarta, Gatra.com - Politisi Senior Partai Golkar Fadel Muhammad membantah, partainya telah menunjuk Bambang Soesatyo (Bamsoet) sebagai Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPRR RI) menggantikan Setya Novanto. 

"Yang menentukan itu Ketua Umum. Jadi tolong ya, bilang ke teman-teman itu kita tunggu. Ketua DPR itu mitra kerja Presiden, bagaimana juga harus dikonsultasikan dengan Presiden dengan Wapres,” ujar Fadel saat dihubungi wartawan, Jumat, (12/1).  

Pernyataan Fadel ini menanggapi salah satu ucapan politisi Golkar Ahmad Noor Supit yang menyebutkan Bamsoet telah ditunjuk Golkar, meski belum ada keputusan resminya. “Yah, kan dia itu bukan apa apa. Dia itu bukan Ketua Umum," kata Fadel.

Lebih lanjut, Fadel menyebutkan, memang ada beberapa kelompok dari Golkar yang hendak duduk di kursi pimpinan DPR. Mewakili politisi muda Golkar ada nama Agus Gumiwang, Zainudin Amali, Aziz Syamsudin, dan Bamsoet sendiri. 

“Supit ini kan gengnya Bambang, jadi mereka mau fait accompli saja. Nah, kalau yang senior, ada saya yang mereka-mereka minta. Jadi saya lebih hati-hati kalau berbicara, enggak mau terlalu nyodor-nyodorin, enggak mau terlalu maksa-maksain,” tambah Fadel. 

Anggota Komisi VII DPRR RI ini juga menambahkan, Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto akan mengonsultasikan nama-nama yang potensial pengganti Setya Novanto kepada Presiden dan Wakil Presiden selaku mitra kerja mereka. 

Politisi golkar Ahmad Noor Supit sebelumnya bernyanyi, bahwa Bambang Soesatyo telah ditunjuk Airlangga menggantikan Setya Novanto sebagai ketua DPR. Pengesahan nama Bambang yang kini duduk sebagai Ketua Komisi III DPR RI tersebut akan dibahas dalam rapat pleno Golkar. "Secara non formal, semua calon sudah memberikan ucapan selamat. Itu sinyal kuat. Sudah diberitahu," tuturnya.


Reporter : Wem Fernandez  

Editor      : Cavin R. Manuputty

Share this article