Tanggapan Wapres Soal Bamsoet, Agus dan Azis Calon Ketua DPR

 

Wakil Presiden Jusuf Kalla (GATRA/Ardi Widi Yansah/AK9)

Jakarta, Gatra.com – Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan bahwa nama-nama calon ketua DPR pengganti Setya Novanto yang akan ditunjuk, tentulah merupakan kader yang terbaik dari Golkar. Meski Wapres meminta agar publik dapat sabar menunggu siapa yang akan ditunjuk oleh ketua umum Golkar, Airlangga Hartarto.



Nah, bagaimana dengan ketiga nama kader Golkar yang disebut-sebut disejumlah media belakangan ini mengerucut ke tiga nama seperti Bambang Soesatyo (Bamsoet) ketua Komisi III DPR, Agus Gumiwang Kartasasmita (AGK) Sekretaris fraksi partai Golkar DPR dan Azis Syamsudin, ketua Badan anggaran (Banggar) DPR?

“Nantilah kalau sudah pasti (terpilih),” kata Wapres kepada awak media usai mengumumkan struktur pimpinan pusat Dewan Masjid Indonesia (DMI) masa bakti 2017-2022 di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Jumat (12/1).

Ditanya perbandingan antara Bamsoet dengan Azis, “Dua-duanya baik, cuma tentu ada yang lebih baik,” kata Wapres.

Bagaimana pula dengan Agus Gumiwang, Wapres menyebut bahwa siapapun  yang akan dipilih Golkar, tentulah merupakan kader yang terbaik.

“DPP Golkar nanti menentukan, saya hanya melihat,” katanya.

Terkait posisi Bambang Soesatyo yang masih berada di Pansus hak angket KPK, dinilai menjadi ganjalan menjadi ketua DPR karena dianggap melemahkan KPK, Wapres menyebut bahwa itu tidak ada kaitannya karena hak angket itu lahir dari anggota DPR.

“Ya gak apa, itu hak DPR bikin hak angket (KPK). Gak ada hubungannya antara melemahkan KPK dengan menjadi Ketua DPR,” katanya.

Bukankah Golkar semangatnya ingin menjadi “Golkar bersih”, “Iya, tapi hak angket kan hanya memberikan saran soal apa yang perlu diperbaiki,” kata JK.


Editor: Anthony Djafar

Share this article