Pacific dan Garuda Melaju ke Playoff IBL 2017

Difta Pratama (Dok. IBL)
Difta Pratama (Dok. IBL)

Bandung, GATRAnews - Pacific Caesar Surabaya melaju ke playoff setelah menundukkan Satya Wacana Salatiga 81-57 pada seri kedelapan Liga Bola Basket Indonesia (IBL) 2017 di C-Tra Arena Bandung, Jum`at (17/3). Dengan kemenangan ini, Pacific mengumpulkan nilai 21 serta menyisakan dua game lagi. Minimal di akhir babak reguler Nuke Saputra dkk akan memiliki nilai 23. Angka ini masih bisa disamai Hangtuah Sumsel jika Hangtuah mampu meraih dua kemenangan dalam dua laga sisa mereka, namun tiket playoff tetap jadi milik Pacific yang telah dua kali menundukkan Hangtuah.



"Target kami memang memenangkan game ini agar pasti ke babak playoff, sebab dua lawan berikut tergolong berat, Aspac dan Pelita Jaya," kata pelatih Pacific, Bisih, seperti dilaporkan situs iblindonesia.com.

Pemain asing Pacific, Kevin Loiselle, mencetak triple double 13 angka, 12 rebound dan 11 assist. "Kami lebih fokus dalam game ini dan bermain sebagai satu tim. Game ini memang harus kita raih, sebab dua game berikut jelas lebih berat," kata Kevin.

David Seagers 21 angka, 10 assist dan sembilan rebound.

Bisih meminta pasukannya konsentrasi terlebih dahulu pada soal defense. "Jika defense bagus, ofense akan mengalir dengan sendirinya. Anak-anak melakukannya dengan baik," kata Bisih.

Pelatih Satya Wacana Efri Meldi mengakui Pacific mengawali laga dengan lebih bagus. "Start mereka lebih baik. Center kami, Nate Maxey juga tidak bisa menjaga Kevin dengan baik," kata Meldi.

Maxey mencetak 15 angka dan 18 rebound bagi Satya Wacana. Jarron Crump menjadi pencetak poin terbanyak dengan 27 angka.

Pacific akan menghadapi W88 News Aspac, Sabtu (18/3). "Kami ingin mengalahkan Aspac, sebelumnya kami kalah tipis dan ingin membalas sekarang," kata Bisih.

Jika mampu meraih dua kemenangan lagi, Pacific bahkan berpeluang menjadi juara Divisi Putih. "Saya tak mau berpikir terlalu jauh.

Lebih baik fokus menghadapi Aspac terlebih dahulu," elak Bisih.

Sementara itu pada pertandingan lainnya, Bank BJB Garuda Bandung memastikan langkah ke babak playoff IBL 2017 setelah memenangkan derbi melawan JNE Siliwangi 75-54. "Game plan sudah berjalan sejak kuarter pertama tetapi masih kurang stabil.

Baru pada kuarter keempat anak-anak berhasil menjalankannya dengan lebih baik," kata asisten pelatih Garuda, Ricky Dwi Tauri.

Kunci sukses lain Garuda adalah cukup berhasil meredam ketajaman guard Siliwangi, Raheem Singleton yang akhirnya mencetak 18 angka. "Selain itu anak-anak juga hanya melakukan enam kali turn over, angka turn over terkecil sepanjang musim ini," ujarnya. Di babak kedua Garuda juga berhasil mengatasi ofensif rebound Siliwangi.

Di babak pertama, Siliwangi mencatat 10 kali ofensif rebound, di akhir laga mereka total mencatat 11 ofensif rebound. "Berarti di babak kedua Siliwangi hanya sekali berhasil melakukan ofensif rebound," katanya.

Chris Ware mencatat double-double bagi Garuda dengan torehan 27 angka dan 12 rebound.

Diftha Pratama mengemas 12 angka. Di kubu Siliwangi, Chris Brand dan Raheem Singleton sama-sama membuat 18 poin. Game awalnya berlangsung sengit. Siliwangi memimpin 17-16 menutup kuarter pertama. Di kuarter kedua, Garuda berbalik unggul tipis 36-31 berlanjut pada kuarter ketiga 52-45.

Baru pada kuarter keempat Garuda melesat dan menutup laga 75-54. "Konsistensi game plan kami tidak berjalan. Pada kuarter terakhir kami seperti bermain sendiri sendiri. Garuda memang lebih baik," tutur pelatih Siliwangi Raoul Miguel Hadinoto



Editor: Edward Luhukay

Share this article