Márquez Juara MotoGP Austin Lima Kali Beruntun, Viñales Tersingkir

Marc Márquez (AFP Photo/Juan Mabromata)
Marc Márquez (AFP Photo/Juan Mabromata)

Jakarta, GATRAnews - Pembalap MotoGP dari tim Repsol Honda, Marc Márquez, meraih kemenangan kelima beruntun pada MotoGP seri ketiga 2017 di Sirkuit Austin, Amerika Serikat, Senin (24/4) dini hari WIB. Sementara Maverick Viñales tersingkir sejak awal balapan. Pembalap berjuluk Baby Alien itu menjuarai balapan di Austin dengan catatan waktu 43 menit 58,770 detik, unggul tiga detik dari Valentino Rossi yang finish di posisi kedua.



Dengan insiden yang dialami Viñales, praktis Rossi menjadi pemuncak klasemen sementara MotoGP dengan mengumpulkan 56 poin, sedangkan Márquez naik ke posisi tiga dengan 38 poin.

Pada jalannya balapan, Dani Pedrosa memimpin pada awal lomba dimana ia memulai dari posisi keempat. Secara perlahan rekan setim Pedrosa di Honda, Márquez, meluncur ke posisi kedua melewati dua Yamaha, Rossi dan Viñales.

Namun Viñales terpaksa tersingkir lebih awal akibat terjatuh di putaran kedua tikungan 18. Insiden ini menyudahi dua kemenangan beruntun Viñales yang diraih di GP Qatar dan Argentina.

Tanpa Viñales, seperti dilaporkan Antara, Rossi terpaksa berjuang sendirian melawan dua pembalap Honda yang juga berebut posisi terdepan.

Márquez akhirnya merebut posisi terdepan dan mempertahankannya sampai garis finish. Sedangkan Rossi menyelesaikan lomba di peringkat dua setelah bertarung dengan Pedrosa yang finish di posisi tiga. Ini merupakan kemenangan pertama Márquez pada musim kompetisi 2017.

Cal Crutchlow berhasil melewati Zarco di lap terakhir untuk mengamankan posisi empat, adapun Andrea Dovizioso dari Ducati di urutan keenam, atau dibelakang Zarco.

Selain Viñales, sejumlah pembalap antara lain Karel Abraham, Loris Baz, Sam Lowes, dan Álvaro Bautista, juga tidak menyelesaikan balapan karena terjatuh, demikian laman MotoGP.



Editor: Edward Luhukay

Share this article