Menpora Minta Kebangkitan Indonesia di Piala Sudirman

Anthony Sinisuka Ginting (ANTARA/Widodo S Jusuf)
Anthony Sinisuka Ginting (ANTARA/Widodo S Jusuf)

Mataram, GATRAnews - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi meminta prestasi cabang bulu tangkis Indonesia bangkit dalam Piala Sudirman 2017 yang akan berlangsung di Gold Coast, Australia, pada 21-28 Mei. "Saya tahu perjuangan para atlet dalam Piala Sudirman 2017 tidak mudah. Tapi, saya yakin mereka akan berjuang keras untuk membawa pulang Piala Sudirman yang kita tunggu," kata Menpora, seperti dikutip dari Antara, Rabu (17/5).



Menpora mengatakan, kejuaraan internasional beregu setiap dua tahun itu menjadi momentum bagi atlet-atlet Merah-Putih untuk menampilkan prestasi dan bersaing dengan negara-negara unggulan dunia.

Tim Indonesia dalam Piala Sudirman 2017 terdiri dari 10 atlet putra dan 10 atlet putri. Mereka adalah atlet tunggal putra Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting.

Pada nomor tunggal putri, Indonesia menyiapkan tiga atlet yaitu Fitriani, Dinar Dyah Ayustine, dan Gregoria Mariska Tunjung.

Tiga pasangan putra andalan Tanah Air, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon, Ricky Karanda Suwardi/Angga Pratama, dan Mohammad Ahsan/Rian Agung Saputro, akan menjadi harapan penyumbang poin.

Indonesia juga menurunkan lima atlet pada nomor ganda putri yang akan mencuri poin dari tim-tim lawan. Lima atlet ganda putri itu adalah Greysia Polii, Della Destiara Haris, Rosyita Eka Putri Sari, Anggia Shitta Awanda, dan Apriani Rahayu.

Kemudian, pasangan Tontowi Ahmad/Gloria Emanuelle Widjaja dan Praveen Jordan/Debby Susanto akan turun pada nomor ganda campuran.

Tim Indonesia berangkat menuju Gold Coast pada Rabu (17/5) dari Bandara Soekarno-Hatta Tangerang, Banten. Mereka akan mulai bertanding pada Selasa (23/5) menghadapi tim India dan pada Rabu (24/5) menghadapi tim Denmark.

Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia Susi Susanti menargetkan putaran semifinal bagi tim Indonesia dalam Piala Sudirman 2017. "Melihat peringkat pemain-pemain Indonesia, capaian prestasi terakhir dan data bahwa tim Indonesia saat ini ada di urutan lima hingga delapan dalam daftar unggulan, kami menargetkan babak semifinal. Tapi, kami tentu berharap bisa lebih dari itu," ujar Susi.



Reporter: Wanto
Editor: Edward Luhukay

Share this article