Venue Rolling Skate dan Skateboard Ditargetkan Rampung Selama 3 Bulan

Delegasi OCA dan INASGOC melakukan kunjungan ke beberapa venue AsianGames 2018 di Jakabaring, Palembang. (Dok Twitter/@asiangames2018/AK9)

Palembang, Gatra.com - Pembangunan venue rolling skate dan skate board untuk penyelenggaraan Asian Games 2018 di kawasan Jakabaring Sport City (JSC) Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel), ditargetkan rampung selama tiga bulan. Sedangkan waktu perhelatan hajatan akbar olahraga di Asia ini tinggal 8 bulan lagi.


Presiden Indonesian Asian Games Organizing Committee (Inasgoc), saat meninjau kawasan JSC Palembang bersama Ketua Corcom OCA, Tsunekazu Takeda, berserta romobongan, Minggu (13/1), mengatakan, pembangunan venue masih on the track dan beberapa fasilitas tinggal ditingkatkan kualitasnnya.

"Minggu depan, federasi organisasi rolling skate dan skate board akan meninjau lokasi pembangunan di Palembang. Targetnya, bisa lebih cepat untuk dibangun," kata Erick.

Pihak Inasgoc menargetkan pembangunan kedua venue akan dilakukan selama tiga bulan. Kesesuaian desaign antara Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang membahas venue lebih teknis dengan kesesuaian standar sesuai dengan peraturan federasi organisasinya membutuhkan pertemuan lanjutan, termasuk penganggaran pembangunannya.

"Landskap taman, bagaimana mewujudkan Jakabaring green growth city, termasuk penggunaan kendaraan berbahan bakar khusus saat Asian Games berlangsung nanti," ujar Erick.

Untuk lanskap tanaman hampir di seluruh venue akan dipersiapkan awal tahun ini. Pembangunan taman dengan menggunakan anggaran pemerintah pusat akan dikerjakan pada Februari sedangkan anggaran pemerintah daerah akan dimulai Maret yang akan ditarget selesai Juni.

"Untuk test event sudah banyak, nanti 9 cabor akan tes event di Jakarta. Semoga yang saat ini sudah maksimal, terus dijaga sampai dengan pelaksanaannya Agustus mendatang," kata Erick.

Kehadirian OCA diawali dengan meninjau lapangan stadiun Jakabaring yang akan dipergunakan bagi cabor sepak bola wanita. Peninjauan dilakukan hingga  hingga ke area dining hall.

Gubernur Sumsel, Alex Noerdin yang turut hadir mendampingi mengatakan, Palembang telah mempersikan semua hal penyelenggaraan Asian Games 2018. Pemerintah daerah terus mengupayakan bagaimana persiapan tersebut bisa dipercepat menjelang pertengahan tahun ini. "Ada beberapa pembahasan yang sifatnya penyempurnaan, misalnya soal landmark taman dan lainnya," ujar dia.


Reporter: Tasmalinda
Editor: Iwan Sutiawan

Share this article