Perenang Indonesia Mendominasi ASG 2017

Ilustrasi renang (Antara/Andhika Wahyu/yus4)

Singapura, GATRAnews - Perenang Indonesia masih mendominasi dalam turnamen ASEAN Schools Games (ASG) 2017, Singapura. Setelah pada hari ketiga, Senin (17/7) berhasil meraup enam medali emas, tiga perak dan empat perunggu dari total 10 nomor putra dan putri yang dilombakan.


Medali emas renang Indonesia di hari ketiga diraih oleh Felicia Angelica di nomor 200 meter gaya dada putri, Azzahra Permatahani di nomor 200 meter gaya ganti putri dan 800 meter gaya bebas putri, Erick Ahmad Fathoni di nomor 200 meter gaya ganti putra, tim estafet putri 4X100 meter gaya bebas serta Adinda Larasati di nomor 50 meter gaya kupu-kupu putri.

Perak disumbangkan dari perjuangan Pande Made Iron di 200 meter gaya dada putra, Azzahra Permatahani, 200 meter gaya dada putri dan Adinda Larasati pada 200 meter gaya ganti putri.

Sementara perunggu diperoleh Azel Zelmi Aryalingga di nomor 50 meter gaya kupu-kupu 50 meter putra, Prada Hanan di 800 meter gaya ganti putri, tim estafet putra 4X100 meter gaya bebas dan Angel Gabriella di 50 meter gaya kupu-kupu putri.

Dengan hasil itu, sejak Sabtu (15/7) sampai hari Senin (17/7), total sudah 16 medali emas, sembilan medali perak dan delapan medali perunggu yang dipersembahkan kontingen renang Indonesia di ASG 2017. Perolehan ini melebihi target yang dibebankan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) yaitu 10 medali emas. Jumlah ini masih bisa bertambah karena renang masih akan berakhir pada Rabu (19/7).

Pencapaian itu pun disambut gembira oleh Ketua Kontingen (CdM) Indonesia di ASG 2017, Pura Darmawan.

Menurut Pura, prestasi yang dicapai para perenang pelajar Tanah Air di ASG merupakan modal bagus dalam rangka pengembangan diri mereka ke depan.


"Ini menjadi harapan baru bagi cabang olahraga renang Indonesia. Potensi para atlet ini harus terus diasah dengan pembinaan yang intensif dan berkelanjutan. Saya yakin kemampuan mereka masih bisa ditingkatkan sampai mencapai usia emas sebagai perenang," kata Pura, yang juga menjabat Kepala Bidang Sekolah Khusus Olahraga Kemenpora itu seperti dikutip dari Antara.


Reporter: Wanto
Editor: Arief Prasetyo

Share this article