Pelantikan Roy Suryo Ditentang Rekan Separtai

Yogyakarta,GATRAnews - Tim pengacara anggota DPR RI dari Partai Demokrat dapil DI Yogyakarta Ambar Tjahjono menentang pelantikan Roy Suryo dalam Pergantian Antar Waktu (PAW). Pelantikan yang dilakukan pada Kamis (6/4) ini sesuai dengan Keputusan Presiden (Keppres) nomor 137/2017 yang sudah ditandatangani.

        

Kuasa hukum Ambar Tjahjono, M Irsyad Thamrin, menyayangkan keluarnya Keppres yang dijadikan dasar pelantikan Roy Suryo. Sebab hal ini dinilai mencederai proses hukum terkait gugatan pihaknya perihal surat dari KPU bernomor 618/KPU/XI/2016 terkait PAW. 

“Seperti yang sudah kami sampaikan beberapa waktu lalu, gugatan terkait surat PAW dari KPU di Pengadilan Tata Uusaha Negara (PTUN) karena kami menilai tidak prosedural dan subtantif," jelasnya saat dihubungi Kamis (6/4).      

Selain itu, tidak tercantumnya surat keterangan berhalangan tetap dari kliennya serta pihak berwenang melanggar UU nomor 17 tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD.

Bahkan, saat ini Roy Suryo sudah menjadi terlapor atas tindakan pencemaran nama baik yang sidang awalnya digelar pada 30 Maret lalu di Pengadilan Negeri Sleman.

“Keppres itu sangat mengecewakan kami dan hal ini melanggar asas keadilan. Kami akan segera melakukan kordinasi ulang dengan Ambar terkait langkah-langkah selanjutnya,” lanjut Irsyad.    

Selain menggugat surat PAW KPU, kubu Ambar juga menggugat pucuk pimpinan Partai Demokrat di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

 Hari ini, sesuai dengan Keppres 137/2017, Roy Suryo yang menjabat sebagai Wakil Ketua Umum Partai Demokrat resmi dilantik menjadi Anggota DPR RI dari Daerah Pemilihan DI Yogyakarta menggantikan Ambar Tjahjono. Pengurus pusat Partai Demokrat menyebut Ambar tidak aktif dan menyalahi aturan. Roy akan masuk dalam Komisi VI.


 

Reporter: Arif Koes Hernawan

Editor: Rosyid

Share this article

Tagged under