Terkait PAW, Kader Demokrat Yogyakarta Ancam Cabut Dukungan

Yogyakarta,GATRAnews -  Terkait polemik Pergantian Antar Waktu (PAW) DPR RI Ambar Tjahjono oleh Roy Suryo, para pendukung Ambar di Partai Demokrat DI Yogyakarta meminta pemulihan nama baik. Sejumlah pengurus mengajak mencabut dukungan ke partai berlambang  bintang mercy ini jika pimpinan partai tidak merespon.

Ketua Pimpinan Anak Cabang (PAC) Partai Demokrat Kecamatan Nanggulan, Kulonprogo, Purwanto Putra, yang didampingi beberapa pengurus anak cabang dari kecamatan di empat kabupaten DI Yogyakarta menyatakan bahwa selama menjadi anggota partai maupun dewan Ambar telah berjasa membesarkan nama partai.

“Terkait hal ini kami sudah mengirimkan surat ke Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat agar tidak melakukan PAW karena kondisi Ambar masih sakit. Namun hal itu tidak direspon sama sekali,” jelasnya, Jumat (7/4).

Bahkan dalam PAW ini, Putro menyatakan Ambar dipecat dari partai secara tidak hormat dan nama baiknya tercoreng. Putro menceritakan, dua bulan lalu meskipun dalam kondisi sakit, Ambar masih menyempatkan melakukan kunjungan untuk memberikan bantuan ke pelosok Kulonprogo.

Mengingat jasa Ambar yang cukup besar saat menjadi anggota Komisi VI, Putro meminta agar pimpinan Partai Demokrat untuk memulihkan nama baiknya. Karena selama menjadi anggota terpilih, banyak berita-berita yang menjelek-jelekan Ambar.

“Kami sebenarnya tidak mempermasalahkan PAW yang sudah terjadi. Tapi apakah ada jaminan pengganti Ambar bisa melakukan tugas-tugasnya yang dulu dilakukan. Jika memang yang kami sampaikan tidak mendapatkan tanggapan, kami akan menarik dukungan sepenuhnya ke partai,” ujar Putra. 

Ketua Kelompok Tani "Tani Makmur" Kulonprogo Supriyanto membenarkan apa yang disampaikan Putro. Pada kurun waktu 2015-2016, Ambar telah banyak membantu petani di Kulonprogo seperti memfasiliitasi pemberian pompa air, traktor, alat perontok panen dan lainnya.  "Sekarang hampir setiap dusun memiliki traktor untuk menunjang pertanian, apakah penggantinya bisa? Saya memastikan bahwa pemilihan nanti, jika tidak Pak Ambar tidak saya pilih," ujarnya.


 

Reporter: Ady Putong

Editor: Rosyid

Share this article

Tagged under