Ganjar Pranowo (GATRA/Ardi Widi Yansah/HR02) Jakarta, GATRAnews - Lembaga survei Indonesia Development Monitoring (IDM) menggelar survei untuk mengetahui tingkat elektabilitas para tokoh yang
  Khofifah Indar Parawansa (ANTARA/Akbar Nugroho Gumay/HR02) Jakarta, GATRAnews - "Siapa Gubenur Jatim Yang dipilih Masyarakat Jatim" itulah tema menggelitik yang kemudian diangkat lewat
  Rita Widyasari (antaranews.com/yus4) Jakarta,GATRAnews-Indonesia Network Election Survey (INES) melakukan survei terhadap calon Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) pada Pilkada 2018
Prof. Ir. H. Sunarpi, P.hd. (Dok Unram/AK9) Mataram, GATRAnews - Diduga bermuatan politis, baliho Rektor Universitas Mataram Unram), Prof. Ir. H. Sunarpi, P.hd. yang fotonya terpajang bersama
Deddy Mizwar (GATRAnews/AR7) Bandung, GATRAnews - Pernyataan Presiden PKS Sohibul Iman yang menyebut Deddy Mizwar akan disandingkan dengan Ahmad Syaikhu dalam pilgub Jabar 2018 mendatang membuat,
Ahmad Syaikhu (Dok Humas Bekasi Kota/AK9) Bandung, GATRAnews - ‎Partai Keadilan Sejahtera (PKS) kemungkinan besar akan mengusung kadernya, Ahmad Syaikhu sebagai calon wakil gubernur mendampingi
Walikota Mataram H. Ahyar Abduh kader Golkar yang Maju di Pilgub NTB 2018 (GATRAnews/Hernawardi/AK9) Mataram, GATRAnews - Peta politik menjelang Pilkada NTB 2018 pasca ditetapkannya Setya Novanto

Prabowo: Lembaga Survei Punya Andil dalam Kemenangan Anies-Sandi

Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra, Prabowo Subianto (GATRAnews/Adi Wijaya/AK9)

Jakarta, GATRAnews - Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra, Prabowo Subianto mengucapkan terima kasih kepada Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA, yang dinilainya sebagai salah satu lembaga Survey yang ikut membantu kemenangan Anies-Sandi.

Prabowo memberikan piagam kertas yang ditanda tanganinya. Piagam  itu berbunyi terima kasih kepada Lingkaran Survei Indonesia yang ikut membantu kemenangan Anies-Sandi, melalui survei, mobilisasi dukungan dan quick count.

Denny JA sendiri mengaku hanya melakukan peran pembantu saja. Peran utama kemenangan tetap ada pada Anies-Sandi, Prabowo, Gerindra dan PKS sendiri.

"Namun di putaran kedua memang saya ikut mengembalikan isu kebangsaan dalam kampanye Anies dan Prabowo. Saya membaca data survei bahwa Anies Sandi kalah telak di kalangan pemilih kelas menengah atas," ujar Denny melalui siaran persnya, Kamis (17/4).

Dalam kampanye tahap dua, Denny mencatat, pemilih tak suka politisasi agama, sangat ingin keberagaman dilindungi, ingin stabilitas politik dan rasa aman. Umumnya mereka berpendidikan mahasiswa ke atas, berpenghasilan 3,5 juta ke atas perbulan.

Pemilih inilah yang harus juga dilayani. Denny berdiskusi dengan Anies perlunya dikapitalisasi slogan yang dikenal milik Anies sendiri yakni tenun kebangsaan. Slogan itu kurang dieksplor bahkan tenggelam di putaran pertama oleh isu agama.

Tim LSI pun membuat video yang disebar luas di sosial media dengan tagline Jakarta Baru, Kebhinekaan yang berkeadilan sosial dan kuat persatuannya. Mengapa perlu tambahan keadilan sosial dan persatuan?

Alasan Denny sendiri membuat video isu kebhinekaan sudah kuat melekat ke Ahok. Anies perlu membuat kontras dengan menambahkan kekurangan Ahok. Yaitu isu keadilan sosial akibat ketimpangan ekonomi di Jakarta yang termasuk buruk di Indonesia.

Ditambah pula kondisi Jakarta yang terbelah karena daya terima banyak pemilih Muslim kepada Ahok sangat minor akibat kasus Al Maidah. Kontrasnya, isu persatuan yang dibawa Anies harus juga dikapitalisasi. Anies lebih diterima segmen ini.

Namun Denny menyadari di kubu Anies ada tokoh yang lebih powerful untuk dipercaya membawa isu kebangsaan. Yaitu Prabowo sendiri. Dennypun berjumpa Prabowo. Seketika Prabowo sepakat membuat pernyataan melalui video, meme dan siaran pers.

"Ucapan yang kuat dari Prabowo, ialah kalimat `saya akan menjadi orang pertama yang menurunkan Anies-Sandi jika ia tidak merawat keberagaman, NKRI dan Pancasila, " ucap Denny.


Reporter: Ervan Bayu

Editor: Nur Hidayat

 

Share this article