Main Menu

Rakor Terakhir OCA - INASGOC Sebelum Asian Games

Anthony Djafar
09-05-2018 20:16

Wapres Jusuf Kalla membuka Rakor terakhir OCA - INASGOC sebelum Asian Games 2018. (dok.Setwapres/ton)

Jakarta, Gatra.com - Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla membuka Coordination Committee Meeting (Corcom) ke-9 Olympic Council of Asia (OCA) dan Panitia Pelaksana Asian Games 2018 (INASGOC) di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta, Rabu (9/5).


"Persiapan kami berjalan bagus dan lancar, 100 hari dari sekarang, kami siap membuka Asian Games," kata Wapres mengenang hotel yang sama juga pernah dijadikan saksi sejarah pada Asian Games tahun 1962 silam.

Wapres yang juga ketua Dewan Pengarah Asian Games, meyakinkan Komite Olimpiade Asia (OCA) bahwa segala proses pembangunan yang masih berlangsung di beberapa venue yang ada, akan segera selesai.

“Di Jakarta seperti Anda lihat telah selesai seperti Velodrome, mungkin bulan depan selesai, Juni atau Juli,” katanya.

Wapres mengungkapkan bahwa pemerintah telah bekerja keras selama lebih dari dua tahun terakhir merampungkan segala bentuk kegiatan pelaksanaan Asian Games. Tak lupa mengapresiasi semua pihak yang turut memberi andil seperti Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Gubernur Sumatera Selatan Alex Nurdin, dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

“Keberhasilan ini tergantung dari Anda semua karena ini memang harus diselesaikan,” katanya.

Kendati Wapres tidak menutup mata masih ada kendala yang dihadapi oleh panitia INASGOC yaitu belum terpenuhinya target mobilitas atlet dari wisma atlet ke venue pertandingan yang berjarak maksimal 34 menit. Wapres tetap optimis dengan manajemen lalu lintas yang baik, target tersebut dapat tercapai.

"Kami sudah memiliki pengaturan manajemen lalu lintas untuk mencapai target waktu transportasi," katanya.

Wapres pun meminta dukungan OCA dan negara lainnya untuk membantu kesuksesan Asian Games. Kesuksesan ini bukan hanya menjadi tanggung jawab Indonesia saja melainkan juga seluruh Asia.

Adapun Ketua INASGOC Erick Thohir mengatakan bahwa Asian Games diharapkan dapat berjalan sukses.

“Kami yakin bisa menyelesaikan semua persiapan dengan waktu yang tersisa serta menghadirkan pengalaman terbaik bagi semuanya baik di Jakarta maupun Palembang," katanya.

Dalam Rakor ini, dipimpin oleh Mr.Tsunekazu Takeda; Chairman of OCA, yang melakukan rapat koordinasi terakhir antara OCA dengan INASGOC, sebelum diselenggarkannya Asian Games 2018 pada 18 Agustus hingga 2 September 2018 mendatang.

Dalam sambutannya, Takeda mengatakan INASGOC sudah menunjukkan banyak kemajuan untuk menggelar Asian Games. Untuk itu, OCA tetap akan mengecek kembali persiapannya dalam rapat kali ini.

"INASGOC memiliki tanggung jawab yang besar untuk menggelar acara besar ini," katanya.

Rapat kali ini, dihadiri Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Gubernur Sumatera Selatan Alex Nurdin dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno serta para pimpinan dan anggota kedua komite.

Editor: Anthony Djafar

Anthony Djafar
09-05-2018 20:16