Main Menu

Mengukur Kemampuan Lawan di Asian Games, Atlet Atletik Uji Coba di Korea Open

Hendri Firzani
05-06-2018 08:14

Atlet Yaspi Boby. (GATRA/Ardi Widi Yansah/FT02)

Jakarta, Gatra.com - PB PASI kembali  akan memberangkatkan sejumlah atlet pelatnas Asian Games 2018 untuk melakukan uji tanding ke Luar Negeri. Kali ini, para atlet akan diikutkan dalam kejuaraan “Korea Open Athletics Meeting’ di Yecheon, Korea Selatan.

 

Dalam kejuaraan yang berlangsung selama dua hari yaitu 16 – 17 juni 2018 tersebut, PB PASI akan menurunkan hampir semua atlet yang dipersiapkan untuk Asian Games 2018. Di nomor putra yang akan bertanding yaitu tim estafet 4x100 m Putra yang terdiri atas Yaspi Boby, Fadlin , Eko Rimbawan, dan Bayu Kertanegara, Pelari 110 meter gawang putra Rio Maholtra, pelompat jauh Suwandi Wijaya, dan Sapwaturahman.

Sementara, di bagian putri PB PASI menurunkan Emilia Nova (100m Gawang) dan Eki Febri Ekawati (tolak peluru). Menurut Direktur Pelatnas Asian Games Mustara Musa,  para atlet akan berangkat pada 14 Juni mendatang dan akan berlebaran di Korea Selatan.

Menurut Mustara, para atlet telah memasuki tahapan  pra kompetisi, dua bulan jelang Asian Games 2018. Sehingga, uji coba kali ini akan menjadi ajang pemanasan untuk menguji kemampuan mereka sebelum memasuki puncaknya pada Asian games mendatang.

Apalagi, di ajang Korea Open ini, sejumlah atlet dari Negara-negara Asia peserta Asian Games juga akan ikut turun berlomba. “Jadi, ajang ini, juga bisa menjadi sarana untuk mengukur kemampuan calon lawan di ajang Asian games mendatang,” ujar Mustara Musa.

Selain memberangkatkan atlet senior ke ajang Korea open, PB PASI juga akan memberangkatkan sejumlah atlet yunior ke ajang Asian junior Athletics Championships di Gifu, Jepang. Delapan atlet terpilih untuk mewakili Indonesia di ajang yang akan berlangsung pada tanggal 7 hingga 10 Juni 2018 tersebut.

Bahkan, diantara kedelapan atlet tersebut terdapat dua atlet yang termasuk dalam daftar atlet pelatnas Asian Games yaitu sprinter Lalu Muhammad Zohri dan pelompat galah Idan Fauzan Richsan. Menurut Sekum PB PASI Tigor Tanjung, pengiriman atlet ke ajang kejuaraan yunior di Jepang sebagai salah satu upaya rutin PB PASI untuk memberikan lebih banyak pengalaman bertanding di luar negeri bagi para atlet.

Selain sprinter Lalu Muhammad dan pelompat galah Idan, ketujuh atlet lainnya yang dikirim ke Jepang yaitu Bakti Ladia Muktar (100m,200m), Halomoan E Binsar (400mGawang), Dedi Irawan (Lompat tinggi galah), Rafika Putra (Lontar Martil), Jeany Nuraini Agreta (100m) dan Marselina Tamu Apu (400m).


Editor: Hendri Firzani

Hendri Firzani
05-06-2018 08:14