Main Menu

Kominfo Rilis Aplikasi Suporter Asian Games 2018

Hendri Firzani
08-07-2018 14:30

Aplikasi & Kontes Digital Duta Suporter Indonesia. (Dok.Kominfo/RT)

Palembang, Gatra.com – Kementrian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) mengenalkan aplikasi baru guna mensosialisasikan dan menerima umpan balik dari masyarakat saat perhelatan Asian Games 2018 yang akan berlangsung kurang  sebulan lagi. Dalam peluncuran sekaligus pengenalannya di Palembang, Sabtu kemarin (7/7), Menteri Komunikasi dan Informasi, Rudiantara mengatakan sosialisasi Asian Games yang dilakukan selama ini hanya nampak satu arah.

 

Karena itu, Kominfo mengenalkan media sosialisasi yang fungsinya juga bisa menyerap aspirasi dan dukungan masyarakat melalui aplikasi khusus. Aplikasi tersebut disebut Duta Suporter Indonesia. ”Aplikasi khusus ini  bersifat interaktif, misalnya masyarakat juga dapat memberikan umpan balik semacam sosialisasi hingga dukungan,”katanya.


Karena, kata Rudi, harapannya Asian Games yang berlangsung di dua kota, Palembang-Jakarta, bukan dianggap hanya event dua kota tersebut melainkan Asian Games merupakan event bangsa. Di event itu, akan banyak atlet-atlet Indonesia yang berasal dari berbagai provinsi yang berlaga meraih prestasi. ”Asian Games perlu dukungan dari seluruh masyarakat Indonesia, dan Kominfo menghimpun melalui aplikasi duta suporter tersebut,”ujarnya.


Aplikasi duta suporter yang berbasis adroid, kini  sudah tersedia di Google Playstore. Nantinya, aplikasi ini akan aktif selama 30 hari ke depan dan publik sudah bisa melakukan registrasi.

Saat pembukaan dan penutupan Asian Games di Jakarta nantinya, Kominfo melalui panitia juga sudah menyediakan fasilitas internet berkapasitas besar agar para tamu yang hadir baik itu dari luar negeri dapat langsung menyiarkannya,”Kita ingin Asian Games langsung cepat tersiar walaupun oleh penonton atau tamu-tamu yang datang,”pungkasnya.


Sementara, Partner di Suvarna.ID, Enda Nasution sebagai tim yang membangun aplikasi mengatakan aplikasi disediakan agar masyarakat dapat merasakan langsung keseruan Asian Games dan mendukung para altet yang berlaga nantinya,”Aplikasinya mudah, dan bisa dinikmati siapa pun,”ujarnya.


 

Reporter: Tasmalinda

Editor: Hendri Firzani 

Hendri Firzani
08-07-2018 14:30