Main Menu

Kali Item Ditutup, Dipastikan Tak Ganggu Penyelenggaraan Asian Games

Wanto
24-07-2018 20:42

Kali Item yang tertutup kain jaring di kawasan Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta, (ANTARA/Hafidz Mubarak A/FT02)

Jakarta, Gatra.com - Adanya pemberitaan dari media asing terkait penutupan Kali Item dengan jaring (waring) membuat wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno angkat bicara.


Menurutnya, terkait penutupan Kali Item dengan waring pihaknya telah berkoordinasi dengan panitia INASGOG serta Kementerian Koordinator Pembangunan Manusian dan Kebudayaan (Kemenko PMK).

"Kita harus bersatu sebagai bangsa. Kita buktikan kepada media asing, juga ke tamu-tamu internasional kalau kita gunakan kesempatan ini untuk bersatu padu," ujar Sandiaga, Selasa (24/7), di Jakarta.

"Saya sudah sampaikan ke Pak Erick dan Ibu Puan Maharani. Bu Puan tanya gimana ini media asing, jangan takut Bu Menko, saya jawab begitu. Kita buktikan ke dunia luar akan sebagai penyelenggara terbaik," sambungnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, penutupan kali item menggunakan waring tidak akan mengganggu pelaksanaan Asian Games 2018. "Kita sudah buktikan kemarin, kita lakukan double triple protection karena nanti di samping kali item akan dijadikan tempat breakfast dan lunch serta dinner. Cafetaria dibangun di situ. Kita nggak mau ambil risiko," ujarnya.

"Jadi dari segi higienisnya, karena mungkin dari aroma, pandangan oke, tapi bagaimana dengan lalat dan bakteri di situ. Kita hati-hati di situ. Kita ambil segala hal yang bisa menurunkan risiko kontaminasi makanan. Bukan hanya aroma, juga mata. Media asing boleh menyorot," katanya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Channel News Asia, mengulas soal penutupan Kali Item dengan waring dalam artikel berjudul 'Jakarta covers up 'stinky, toxic' river near Asian Games village'.

Artikel tersebut membahas penutupan Kali Item yang berada tak jauh dari Wisma Atlet untuk Asian Games. Ini untuk mengatasi bau tak sedap dari kali tersebut.


Reporter: Wanto
Editor: Arief Prasetyo

Wanto
24-07-2018 20:42