Main Menu

Mulyana Minta Atlet Tetap Fokus Guna Menghindari Cidera

Muchammad Egi Fadliansyah
02-08-2018 22:48

Deputi 4 Kemenpora Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Mulyana (kemenpora.go.id/yus4)

Jakarta, Gatra.com – Ajang Asian Games ke-18 yang akan berlangsung di Jakarta dan Palembang tinggal dua pekan lagi. Oleh karena itu, Deputi IV Kemenpora Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Mulyana mengingatkan para atlet yang akan bertanding di Asian Games untuk tetap fokus menjaga kondisi fisiknya.


“Para atlet semua cabang olahraga yang sudah menjalankan latihan sejak tahun lalu agar menjaga fisiknya agar tidak mengalami cidera ataupun terindikasi doping. Jaga pola makan, Jangan minum obat flu. Karena obat flu bisa tergolong doping," jelas Mulyana dalam Rapat Kordinasi Teknis Insan Media, di The Bellezza Suites, Jakarta, Kamis (2/8).

Mulyana meminta para atlet untuk fokus bertanding guna mendulang prestasi di ajang multievent seperti Asian Games. "Fokus saja karena tinggal beberapa hari lagi. Kalau tidak perlu, tidak usah berpergian atau keluar rumah. Biar tidak cidera," ujarnya.

Sementara itu, mantan atlet renang Richard Sambera mengungkapkan, jelang mendekati masa kompetisi seperti saat ini merupakan periode krusial bagi atlet yang akan bertanding.

Lanjut Richard, pada saat ini semua cabang olahraga sudah memasuki fase kompetisi. Menurutnya, periode ini, biasa disebut taper period. Yang mana, volume beban latihan sudah rendah atau berkurang.

Karena, lanjutnya, periode ini sudah memasuki finalisasi gerakan layaknya pertandingan. "Fase ini rentan karena porsi latihan atlet berkurang, sehingga jika tidak fokus akan rentan cidera. Pelatih juga sensitif pada fase ini," pungkasnya.


Reporter: MEF
Editor: Arief Prasetyo

Muchammad Egi Fadliansyah
02-08-2018 22:48