Main Menu

JK Prediksi Indonesia Bisa Raih Lebih 20 Emas

Iwan Sutiawan
26-08-2018 19:48

Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla (ANTARA FOTO/INASGOC/Iqbal Lubis/yus4)

Palembang, Gatra.com - Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla (JK) memprediksikan Indonesia bisa memperoleh lebih dari 20 medali emas di Asian Games 2018 ini. Mengingat, pelaksanaan Asian Games masih berlangsung lima hari lagi.

Kata JK, Indonesia telah berhasil mengantongi lebih dari 11 medali emas sampai dengan sepekan pelaksanaan, ini menjadi prestasi yang baik. Jumlah medali yang sudah dikantongi tim merah putih merupakan catatan sejarah bagi atlet Indonesia. "Prestasi sudah baik dan bisa lebih baik," ujarnya di Palembang usai menonton pertandingan voli pantai putra Indonesia, Minggu (26/8).

Terlebih, kata JK, beberapa cabang olahraga (cabor) masih akan dimainkan pada lima hari terakhir pelaksanaan Asian Games baik di Palembang atau di Jakarta. Di Palembang, beberapa cabor juga berpotensi meraih emas. "Masih ada lima hari, dan masih mungkin lebih dari 11, sampai lebih 20 medali emas saja masih bisa diperoleh Indonesia," ujarnya.

Selain mengenai masalah prestasi atlet, JK juga menyatakan jika Palembang sudah mampu menjadi tuan rumah Asian Games yang baik. Palembang menjadi satu-satunya kota di luar Pulau Jawa yang terpilih menjadi tuan rumah Asian Games.

Selain karena prasarana yang telah dibangun, Palembang juga didukung dengan infrastuktur lainnya. Di Palembang sendiri, dimainkan sebayak 13 cabor yang merupakan 30% dari laga yang dimainkan di Asian Games 2018. "Jakabaring sangat baik, venue-venuenya baik dan hanya Palembang yang bisa terpilih menjadi tuan rumah Asian Games setelah Jakarta," katanya.

Hadir di Palembang, JK, juga sempat mencoba transportasi Light Trail Transit (LRT) dari Bandara Internasional SMB II. Setibanya di Jakabaring Sport City (JSC), dia bersama istri langsung mengunjungi kampung atlet tempat para atlet Indonesia menginap.

JK melihat menu dan menikmati makan siang bersama para atlet. Dia mengapresiasi menu makanan yang disajikan. "Makanan sudah baik, yang bilang baik bukan saya tapi mereka-mereka para atlet. Ada pula atlet yang dari luar negeri, seperi China, Thailand, dan Jepang," katanya.

Setibanya di venue voli pantai, JK pun menyaksikan laga semifinal voli pantai putra Indonesia. Dia memuji kemampuan atlet Indonesia yang bisa bertarung hingga di babak perempat final. Ini bukti bahwa atlet Indonesia sudah memberikan yang terbaik bagi bangsa.

"Saya mengapresiasi mereka [atlet] dan Asian Games ini," katanya. JK didampingi Gubernur Sumsel, Alex Noerdin saat mengunjungi beberapa venue dan pertandingan lainnya.


Reporter: Tasmalinda
Editor: Iwan Sutiawan 

Iwan Sutiawan
26-08-2018 19:48