Main Menu

Bola Basket Filipina Lawan Korea Andalkan Pemain Naturalisasi

Arif Prasetyo
27-08-2018 06:33

Pebasket Filipina Jordan Taylor Clarkson ( ANTARA FOTO/INASGOC/Dwi Oblo/yus4)

Jakarta, Gatra.com - Pelatih bola basket Filipina Yeng Guiao tidak memikirkan apa yang disebut “kutukan Korea” bahwa media telah memprediksi Filipina bisa dikalahkan di Asian Games ke-18 di Jakarta.

 

Ketika Guiao dan anak buahnya bertemu dengan Korea hari Senin ini di babak perempat final, semua yang ada dalam pikirannya adalah menang mencapai Final Four dalam perjalanan menuju playoff medali emas dan memperbaiki medali perak pada tahun 1990 di Beijing.

“Ini masih pekerjaan yang berat karena semua orang berpikir demikian, tetapi kami siap untuk pertandingan Korea,” kata Guiao, seperti dilansir The Manila Times, Ahad (26/8).

Asosiasi Bola Basket Filipina (PBA) mengacu pada Slotman naturalisasi Korea Selatan Ricardo Ratliffe yang telah dominan dalam pertandingan sebelumnya untuk timnya, rata-rata meraih 23,3 poin dan 16,3 rebound sejauh ini di turnamen.

"Dia adalah pilihan utama mereka," kata Guiao.

“Mereka memberinya banyak sentuhan dan dia mampu menarik tim ganda atau meruntuhkan pertahanan dan itu semua yang mereka butuhkan untuk tembakan mereka.”

“Kami akan memiliki sesi latihan dan semoga, kami di staf pelatih akan memiliki keputusan tentang apa yang harus dilakukan terhadap Ratliffe, dan rekan timnya,” tambahnya.

Ratliffe tidak asing bagi penggemar bola basket Filipina setelah bermain dua konferensi dengan waralaba Purefoods di PBA.

“Para pemain sangat bersemangat untuk bermain dan membuat semifinal. Mereka semua ingin membuat bangsanya bangga, ”kata Guiao.

Sementara Ratliffe bisa menjadi masalah besar bagi Filipina, sebaliknya Korea juga harus memecahkan, kehadiran pemain Cleveland Cavaliers untuk menjaga Jordan Clarkson (pemain naturalisasi Filipina).

Clarkson memiliki debut luar biasa melawan Cina, mengoleksi 28 poin pada 5-dari-13 tembakan dari zona tiga poin dengan delapan rebound dan empat assist. Tim tersebut sedang melakukan transaksi dengan Clarkson yang mendominasi pertandingan di backcourt untuk mengimbangi keunggulan Ratliffe.

Guiao berharap melihat timnya memperbaiki kesalahan, terutama Stanley Pringle dan Paul Lee, dan Kristen Stanhardinger, Gabe Norwood, Beau Belga, JP Erram, Raymond Almazan, dan Paul Asi Taulava.


Editor: Arief Prasetyo

Arif Prasetyo
27-08-2018 06:33