Main Menu

Indonesia Maju 14 Nomor Final Pencak Silat

Rosyid
27-08-2018 08:05

Ekspresi pesilat Indonesia Hanifah Yudani Kusumah usai mengalahkan pesilat Thailand Adilan Chemaeng dalam babak semifinal Kelas C Putra Asian Games 2018 di Padepokan Pencak Silat Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Minggu (26/8). (ANTAR/INASGOC/Melvinas Priananda/RT)

Jakarta, Gatra.com - Pesilat Indonesia berpeluang meraih medali emas dalam cabang olahraga Pencak Silat di ajang Asian Games ke-18 Tahun 2018.

 

Dari 16 nomor yang dipertandingkan, 14 pesilat Indonesia melaju ke babak final. Pertandingan akan berlangsung di Padepokan Pencak Silat TMII, Jakarta Timur, pada Senin (27/8) ini dan Rabu (29/8).

Delapan pesilat Indonesia lolos final di kategori tarung dari 10 nomor yang dipertandingkan, sementara enam pesilat dari kelas seni lolos ke final dari enam nomor yang dipertandingkan.

Delapan pesilat tarung itu, yakni Komang Harik Adi Putra, Iqbal Candra Pratama, Abdul Malik, Wewey Wita, Pipiet Khamelia, Sarah Tria Monita, Hanifan Yudani Kusumah, dan Aji Bangkit Pamungkas.

Sementara di nomor lainnya di kelas seni, enam pesilat Indonesia, baik tunggal putra, tunggal putri, beregu putra dan beregu putri, ganda putra maupun ganda putri lolos ke final.

Pesilat Puspa Arumsari berhasil lolos ke final setelah memperoleh nilai tertinggi, yakni 465 di tunggal putri. Sedangkan pesilat Sugianto juga lolos ke final setelah memperoleh nilai tertinggi 467 di tunggal putra.

Ketua Harian PB Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI), Edhy Prabowo, mengaku optimistis akan melampaui target yang ditentukan oleh pemerintah, yakni dua medali emas kelas tarung dan dua medali emas kelas seni.

Oleh karena itu, para atlet pencak silat membutuhkan dukungan dari masyarakat Indonesia.

Ia menilai permainan yang diberikan oleh para atlet semakin lama semakin bagus. Para atlet sudah mampu mengatasi rasa ketakutannya dalam pertandingan.

"Ketua Umum kami, pak Prabowo Subianto selalu mengingatkan untuk memberikan permainan yang berkualitas di arena dengan perolehan medali emas," kata Edhy.

Melihat situasi di final saat ini, dirinya berharap delapan pesilat Indonesia di kelas tarung mampu memperoleh emas seluruhnya.

"Kita tidak ingin jumawa, namun pesan dari negara untuk merebut emas sebanyak-banyaknya. Kita akan berusaha untuk itu," ucap anggota Fraksi Gerindra DPR RI ini.


Editor : Rosyid

Rosyid
27-08-2018 08:05