Main Menu

Rebut 8 Emas dari Silat, Indonesia Naik ke Peringkat Empat

Iwan Sutiawan
27-08-2018 18:26

Pesilat Indonesia peraih medali emas Puspa Arumsari.(ANTARA FOTO/INASGOC/Melvinas Priananda/re1)

Jakarta, Gatra.com - Indonesia berhasil beranjak ke posisi empat perolehan medali sementara Asian Games XVIII. Hingga pukul 18.20 WB, Senin (27/8), Indonesia meraih 20 medali emas setelah mendapatkan 8 tambahan emas dan 1 perunggu dari cabang olahraga pencak silat.

Sesuai data di laman Asian Games, cabang olahraga pencak silat mendapatkan 8 medali emas dan 1 perunggu. Medali emas pertama Indonesia seperti dilansir Antara, diraih dari Puspa Arumsari setelah meraih poin tertinggi di kelas seni tunggal putri di Padepokan Pencak Silat Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur (Jaktim), Senin (27/8).

Puspa meraih poin tertinggi yakni 467 mengalahkan pesilat Singapura, Murzuhairah Mohammad Yazid yang mendapat poin 445 dan meraih perak. Sedangkan perunggu milik pesilat Filipina, Cherry May Regaldo dengan 444 poin. Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawai mengalungkan medali kepada para pemenang.

Medali emas juga dipersembahkan oleh ganda putra Yola Primadona Jampil/Hendy dari kelas seni. Masih dari kelas seni, regu putra Indonesia terdiri Nunu Nugraha, Asep Yuldan Sani, dan Anggi Faisal Mubarok juga berhasil menyabet emas.

Sedangkan kategori bertarung, emas dipersembahkan oleh Abdul Malik dari Kelas B Putra 50-55 Kg, Iqbal Candra Pratama dari Kelas D Putra 60-65 Kg. Kemudian, Komang Harik Adi Putra di Kelas E Putra 65-70 Kg juga meraih emas. Aji Bangkit Pemungkas mendulang emas dari Kelas I Putra 85-90 Kg. Sarah Tria Monita juga meraih emas dari Kelas C Putri 55-60 kg. Adapun perunggu diraih Amri Rusdana dari Kelas F Purta 70-75 Kg.

Pencak silat merupakan cabor yang paling banyak mendulang medali emas bagi Indonesia dengan 8 emas dan 1 perunggu. Cabor selanjurnya adalah parayang 2 emas, 1 perak, dan 1 perunggu. Balap sepeda mendapat 2 emas dan 1 perunggu.

Kemudian dayung mendapat 1 medali emas, 2 perak, dan 2 perunggu. Wushu mendapat 1 emas, 1 perak, dan 3 perunggu. Panjat dinding meraih 1 emas, 1 perak, dan 1 perunggu. Jet ski juga meraih 1 emas, 1 perak, dan 1 perunggu.

Setelah itu angkat besi meraih 1 emas, 1 perak, dan 1 perunggu. Karate menyumbang 1 emas dan 3 perunggu. Tenis dan tekwondo masing-masing mendapat 1 medali emas. Beberapa cabor lainnya menghasilkan sejumlah perak dan perunggu.


Editor: Iwan Sutiawan

Iwan Sutiawan
27-08-2018 18:26