Main Menu

Panjat Tebing Tambah 2 Emas untuk Indonesia

Iwan Sutiawan
28-08-2018 10:14

Regu panjat tebing Indonesia berhasil merebut medali emas.(ANTARA FOTO/INASGOC/Rahmad Suryadi/re1)

Palembang, Gatra.com - Prestasi cabang olahraga (cabor) panjat tebing semakin gemilang. Setelah meraih satu medali emas di nomor speed putri, atas Aries Susanti, lalu dua medali kembali berhasil diraih tim merah putih Indonesia.

Pada laga final, senin (28/8), tim beregu putra dan putri kompak meraih emas di Jakabaring Sport City (JSC) Palembang. Emas pertama diraih di nomor speed relay putri melalui tim Indonesia 1 yang berhasil mengalahkan tim China 2.

Tim Indonesia 1 yang terdiri atas Aries Susanti Rahayu, Fitriyani, Fuji Lestari, dan Rajiah Salsabillah berhasil mencatat waktu 25,451 detik. Sementara China yang digawangi Deng Lijuan, Niu Di, dan PAN Xuhua dinyatakan terjadi kesalahan start (FS) dan harus puas dengan perak.

Sebelumnya, para srikandi andalan Indonesia itu harus melandeni tim negara Irak dengan kemenangan Indonesia pada catatan waktu 26,157 detik dan Irak mencatat 31,709 detik. Sedangkan tim China yang melaju ke final sebelumnya malah harus melawan satu tim negaranya sendiri. Medali perunggu juga masih diraih oleh tim negara China.

Emas kedua Indonesia dari cabor panjat tebing berasal dari tim putra Indonesia 2. Kedua tim Putra Indonesia yang harus bertemu di final sehingga juga mampu meraih perak. Dengan nomor yang sama, speed relay, tim Indonesia 2, Abu Dzah Yulianto, Muhammad Hinayahm Rindi Sufriyanto, dan Veddriq Leaonardo mengalahkan tim Indonesia 1 dengan Alfian Muhammad Fajri dan kawan-kawan.

Indonesia 2 menang disebabkan Indonesia 1 mengalami kesalahan start (FS), dengan catatan waktu Indonesia 2 yakni 18,686 detik. Sementara perunggu direbut China yang juga harus main satu tim dengan negaranya. Adapun catatan waktu peraih perunggu dari China, 21, 646 detik.

Atas kemanangan ini, cabor panjat tebing telah berhasil menyumbangkan emas ke 21 dan 22 bagi Indonesia. Salah satu atlet panjat tebing, Aries Susanti mengatakan, kemenangan yang diraih Indonesia merupakan kemenangan tim dengan dukungan dari banyak pihak, terutama pelatih, pendukung, dan keluarga.

"Syukur alhamdulilah, kembali bisa memberikan yang terbaik bagi Indonesia. Semua ini merupakan kerja tim yang menginginkan hasil terbaik," ujar Aries yang sebelumnya juga sudah menyumbangkan emas untuk Indonesia dengan nomor speed women. Laga final ini pun dihadiri oleh Gubernur Sumsel, Alex Noerdin.


Reporter: Tasmalinda
Editor: Iwan Sutiawan

Iwan Sutiawan
28-08-2018 10:14