Main Menu

Korsel ke Semifinal Sepakbola. Son Terhindar Wajib Militer?

Arif Prasetyo
28-08-2018 11:30

Son Heung-min.(Reuters/Eddie Keogh/re1)

Jakarta, Gatra.com - Pemain internasional Tottenham asal Korea Selatan Son Heung-min belum melaksanakan wajib militer yang dua tahun lagi akan bebas dari kewajiban.

 

Seperti dilansir Reuters, Selasa (28/8), Son bisa mendapat pengecualian karena membela negaranya di ajang Asian Games 2018 di Jakarta untuk mengejar medali emas dalam cabang sepakbola. Ini adalah satu-satunya cara otomatis bagi pemain sepakbola Korea Selatan untuk tidak mengikuti wajib militer.

Sukses Korea Selatan di sepakbola sudah di depan mata dengan mencapai babak semi final yang rencananya akan melawan Vietnam. Jika menang, maka maju ke final melawan Jepang atau pemenang dari delapan pertandingan terakhir antara Uni Emirat Arab dan Korea Utara.

Pemain berusia 26 tahun ini mengharapkan semacam panggilan yang datang dengan pemotongan dalam 18 bulan ke depan. Lima pekan pelatihan dasar, yang mencakup latihan militer dan hal-hal penting soal pertempuran.

Hukum Korea menyatakan bahwa setiap pria berbadan sehat harus melapor untuk layanan nasional selama 21 bulan sebelum ulang tahun ke-28 mereka. Son kini berumur 26, sehingga tinggal dua tahun lagi habis untuk mendapatkan pembebasan dan ditawarkan kepada semua peraih medali Olimpiade atau juara Asian Games.

Rekrutmen wajib militer sebelumnya menghabiskan waktunya dengan menjaga pos-pos gunung terpencil yang beku dengan mengawasi perbatasan Korea Utara dan menghabiskan malam di asrama dengan 40 tempat tidur besar.

"Semakin tinggi profilnya, semakin sulit untuk keluar dari hal-hal ini," kata James Hoare, Associate Fellow di Chatham House dan seorang ahli di semenanjung Korea.

Diketahui, Korea Selatan di cabang sepakbola menang 4-3 atas Uzbekistan secara dramatis untuk mencapai semifinal Asian Games, Senin (27/8) malam.

Setelah Hwang Ui-jo menyelesaikan hat-tricknya di menit ke-75 untuk menyelesaikan ke perpanjangan waktu, Hwang Hee-chan memastikan kemenangan di menit akhir waktu tambahan dengan tenang menjebol gawang dengan tendangan penalti.

Son telah mencetak 30 gol dalam 99 penampilan Premier League untuk Tottenham sejak kedatangannya dari Bayer Leverkusen pada Agustus 2015.


Editor: Arief Prasetyo

Arif Prasetyo
28-08-2018 11:30