Main Menu

Sepak Takraw Indonesia Dinilai Torehkan Sejarah Baru

Iwan Sutiawan
29-08-2018 00:15

Tim sepak takraw putra Indonesia melawan Malaysia. (GATRA/Tasmalinda/FT02)

Palembang, Gatra.com - Perjuangan tim sepak takraw Indonesia di Asian Games 2018 ini dinilai sudah baik. Tim Indonesia mencetak sejarah baru dengan berhasil melaju sampai babak final perhelatan olahraga terbesar di Asia.

Pelatih sepak takraw Indonesia, Arsy Syam mengatakan, Indonesia belum pernah mencatat sejarah masuk ke laga final cabor takraw sehingga torehan ini menjadi sejarah baru bagi Indonesia. Tim sepak takraw Indonesia sudah memperlihatkan kemampuan yang baik dalam setiap laganya. Mengingat peserta lain juga meningkatkan performance melalui proses latihan yang berkesinambungan.

"Secara keseluruhan, saya nilai sangat baik. Ini sejarah baru baru Indonesia yang berhasil ke laga final dan semi final, termasuk meladeni Malaysia di laga final ini," kata Arsy usai mendampingi anak asuhnya menyelesaikan nomor beregu putra di venue Ranau, Jakabaring Sport City (JSC) Palembang, Sumatera Selatan, Senin (28/8).

Dalam Asian Games yang berlangsung di Palembang, sambung Arsy, Indonesia baru mencatatkan kemampuan cabor sepak takraw meladeni tim negara lain yang kemampuannya juga terus berkembang. "Ini kali pertama Indonesia masuk ke final mengingat lawan-lawannya juga tergolong bagus," ujarnya.

Laga Indonesia menghadapi Malaysia di babak final pada nomor beregu berlangsung sengit dan melalui drama permainan yang panjang. Indonesia dipaksa bermain tiga game meski sebelumnya mampu memimpin.

Menurut Arsy, ketertinggalan Indonesia lebih disebabkan oleh psikologis di internal tim. Jika menilai teknik dan kemampuan bermain, Indonesia dan Malaysia bisa dinilai hampir seimbang. Namun Indonesia harus puas meraih perak. Ini merupakan perak pertama yang dikantongi Indonesia setelah melewati beberapa nomor takraw lainnya.

Meski demikian, Arsy optimistis jika Indonesia masih berpeluang dan mampu menghasilkan medali pada nomor lainnya. Tim Indonesia masih akan bermain di nomor quandran putra dan putri dengan menurunkan atlet andalan yang sempat turun di kategori beregu.

Sampai dengan Senin (28/8), tim Indonesia sudah mampu mempersembahkan medali di tiga nomor yang sudah dipertandingkan. Selain perak di nomor beregu, sepak takraw telah menyumbangkan perunggu di nomor regu dan ganda.

"Indonesia mengejar nomor lainnya. Sesuai dengan target awal, Indonesia menginginkan memperoleh satu medali emas di Asian Games 2018 ini," ujarnya.


Reporter: Tasmalinda
Editor: Iwan Sutiawan

Iwan Sutiawan
29-08-2018 00:15