Main Menu

Torehan Medali Asian Games Jadi Pertimbangan Skateboard ke Olympiade Tokyo

Iwan Sutiawan
30-08-2018 23:46

Konferensi pers tim skateboard Indonesia. (GATRA/Tasmalinda/yus4)

Palembang, Gatra.com - Wakil Presiden Asian Extreem Sport Federation (AXF), Jojaya Charles Kusuma mengatakan, keberhasilan tim skateboard Indonesia meraih empat medali di Jakabaring Sport City (JSC) Palembang, Sumatera Selatan, menjadi pertimbangan guna mempersiapkan tim untuk tampil dalam Olympiade 2020 di Tokyo, Jepang.

 

"Asian Games ini memberikan banyak pelajaran, terutama bagaimana persiapan atlet skateboard Indonesia jelang olympiade nanti," kata Jojaya Charles Kusuma di Palembang, Kamis (30/8).

Perolehan medali dari cabor skateboard ini merupakan torehan sejarah meski merupakan debutan di Asian Games ini. "Meski baru pertama kali digelar, kemampuan atlet Indonesia sudah baik. Atlet Jepang memang cukup berat disaingi," ujarnya.

Adapun empat medali di antaranya berasal dari nomor park putra yang meraih perak dan perunggu. Jason Dennis Lijnzaat meraih perakt setelah tampil menyakinkan dengan total nilai 68,33. Sedangkan perunggu diraih Pevi Permana Putra. Keduanya belum mampu mengalahkan skater asal Jepang, Kensuke Sasaoke yang memperoleh point 76.00 poin.

Penilaian dalam cabor skateboard dilakukan setelah memberikan kesempatan kepada peserta masing-masing 45 detik untuk melakukan aksinya. Dewan juri kemudian memilih skor yang tertinggi dari setiap run sebagai poin terakhir. Peraih medali emas, Sasaoke terlihat begitu tenang dengan trik-trik terbangnya yang menarik.

Jason usai pertandingan mengatakan, semangat yang diberikan penonton sangat memengaruhi penampilannya. Dukungan ini membuatnya bermain lepas dan mengeluarkan semua kemampuan namun masih belum menandingi peraih emas.

"Dukungan dari penonton sangat besar, saya sangat berterima kasih. Ini pengalaman sangat menarik, Asian Games memberikan," ujar Jason yang berlaga beserta kawan-kawannya ini langsung disaksikan Menpora Imam Nahrawi.

Selain Jason dan Pevi, medali dari cabor skateboard ini disumbangkan oleh atlet termuda Indonesia, Bunga Nyimas Cinta. Gadis berhijab ini meraih perunggu seteleh mendapat 19,8 poin. Sedangkan medali emas diperoleh atlet Filipihina, Margielyn Didal dengan meraih 30,4 poin dan Kaya Isa dari Jepang meraih perak dengan 25 poin..

"Ada rasa bangga karena baru pertama kalinya. Asian Games ini persiapan PON dan Olimpiade nanti," ujar Bunga didampingi sang ayah. Lalu medali perak lainnya disumbangkan Sanggoe Dharma Tanjung yang bermain di nomor street putra.


Reporter: Tasmalinda
Editor: Iwan Sutiawan

Iwan Sutiawan
30-08-2018 23:46