Main Menu

Triathlon Paling Akhir Ditandingkan di Asian Games Palembang

Mukhlison Sri Widodo
31-08-2018 10:31

Sesi latihan para atlet triathlon menjelang pertandingan (ANTARA FOTO/INASGOC/Muhammad Adimaja/yus4)

Palembang, Gatra.com - Cabang olahraga (cabor) triathlon menjadi yang terakhir dipertandingkan di Asian Games ke XVIII di Palembang kali ini. 

 

Pada hari Jumat (31/8), laga triatlon cabor putri (elite women) telah dimulai, dan dua hari pertandingan bagi cabor putra dan tim (campuran) pada hari akhir pelaksanaan Asian Games, 2 September.

Ada pun beberapa negara yang meramaikan diantaranya Jepang, Korea Selatan, China, Hong kong dan Macau. 

Tim Jepang, diantaranya Jumpei Furuya dan Yuko Takahashi menilai keikutsertaan laga triathlon sangat penting bagi negara Jepang, dengan target perolehan medali emas di setiap event (series) nya.

“Kami siap berlaga dan akan memberikan yang terbaik untuk cabor ini. Saya datang dan saya berikan yang terbaik,”ujarnya.

Sementara, atlet dari Hongkong, Yan Yin Hilda Choi juga menilai hal yang sama. Persiapannya menjelang Asian Games sangat baik, terutama pada nomor tim (campuran) nantinya. Persiapan mengikuti triathlon Asian Games inipun diawali dengan latihan di Eropa. 

Cabor ini banyak yang menargetkannya. Beberapa negara yang menjadi saingan kuat diantaranya Jepang, Korea, China, Hongkong dan Macau. “Namun saya, akan lakukan yang terbaik,” kata Yan Yin.

Adapun berdasarkan jadwalnya, pada Jumat ini, seluruh peserta elite women memulai start pada pukul 07.30 wib, dengan rangkaian dimulai dari berenang di danau Jakabaring sejauh 1,5 kilometer, lalu menaiki sepeda dengan rute mengelilingi kawasan Jakabaring, yakni sejauh 40 km dan lari di jalur masuk samping stadion Jakabaring sejauh 10 kilometer. 

Adapun pada tanggal 1 Seprember, akan digelar nomor putra dan pada hari terakhir Asian Games, akan digelar nomor campuran (tim). 

Untuk yang tim akan menempuh jalur tanding lebih panjang, yakni berenang sejauh 3 kilometer, menaiki sepeda 67 kilometer, dan berlari yang terdiri dari tiga atlet, sejauh 1,95 kilometer dan atlet ke empat sejauh 1,78 km. 

Sementara tim Indonesia, mengaku tidak menargetkan medali pada cabor ini. Ajang Asian Games tahun ini sebagai persiapan menuju SEA Games, 2019 nanti.

Atlet Triathlon Indonesia, Jauhari Johan mengatakan pertandingan triathlon hanya menargetkan 10 besar di nomor olimpic distance sedangkan di nomor tim, hanya berharap masuk lima besar. “Untuk target bukan medali, namun minimal masuk urutan paling atas, 5-10 besar,” ujarnya.


Reporter: Tasmalinda
Editor: Mukhlison 

Mukhlison Sri Widodo
31-08-2018 10:31