Main Menu

Cuaca Palembang Bisa Untungkan Tim Rollerskate Tuan Rumah

Mukhlison Sri Widodo
31-08-2018 10:45

arena Sepatu Roda di komplek olahraga Jakabaring Sport City (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/yus4)

Palembang, Gatra.com - Dua hari menjelang penutupan Asian Games 2018, cabang rollerskate akan berlaga di Rollersport Komplek di Jakabaring Sport City (JSC), Palembang, Jumat (31/8). 

 

Tim Indonesia menurunkan empat atlet yang telah cukup mempuni dengan target satu medali emas. Cuaca panas di Palembang dinilai memberikan keuntungan tersendiri bagi atlet Indonesia.

Keempat atlet Indonesia Muhammad Oky Andrianto, Tias Andira, pada nomor putra, Salam Falya Niluh Heryadie, dan Alifia Meidia Namasta pada nomor putri akan turun di nomor 20 kilometer putra dan putri. 

Mereka akan bersaing dengan total 16 peserta dari sembilan negara peserta. Pelatih rollerskate, Faisal Norman mengatakan, jika anak didiknya sudah siap menghadapi laga. 

Menurut pelatih yang akrab disapa Norman ini, keempat atletnya juga sudah melakukan penentuan pemilihan roda yang cocok untuk dipakai tanding, Jumat (30/8).

“Faktor cuaca yang cukup panas di Palembang, diharapkan memberikan keuntungan bagi atlet Indonesia. Jujur saja, power (kekuatan) Indonesia masih kalah dengan Korea dan Taiwan, namun akan disiasati dengan daya tahan, adaptasi dan cuaca panas di Palembang,”ujarnya.

Beberapa negara yang notabene memiliki prestasi yang baik pada nomor ini, yakni Korea, China Taipeh dan China. 

Namun, kata Norman, bermain di rumah sendiri merupakan berkah, karena itu para atlet harus memaksimalkannya. “Ini tantangan menarik, mumpun main di rumah sendiri,” imbuhnya.

Untuk target emas, Norman mengatakan akan sangat berusaha, terlebih di nomor 20 kilometer, eliminasi putra. 

Selama ini, para atlet sudah mendapatkan bekal dan latihan selama dua bulan sejak Maret dan Mei, di Jerman. 

“Mereka mengikuti kejuaraan dunia sebelum menjalani latihan di Jerman dan hasilnya cukup memuaskan. Indonesia berada di posisi 19,” ujarnya.

Apalagi, kata dia, bermain di Jakabaring Palembang sudah memberikan nilai lain. Para atlet sudah lebih hapal dan mengetahui medan dengan mengatur kecepatan nantinya,”Sama-sama mendoakan hasil yang terbaik bagi Indonesia,” paparnya.

Atlet skateboard Indonesia, Oky mengatakan dirinya menargetkan emas pada ajang Asian Games 2018 ini. 

Dirinya pun optomos dengan dukungan medan dan cuaca yang sudah bersahabat selama latihan selama ini akan memetik hasil yang terbaik. “Finalnya jam 2, itu posisi Palembang sedang panas terik, dan itu keuntungan,” ujarnya.

Ketua Binpres PB Porserosi yang juga Venue Manager Rollerskate, Jeffry Abel pun berharap dukungan penonton Indonesia akan memberikan semangat bagi atlet Indonesia. 

Menurutnya, cuaca Palembang yang cukup panas akan memberikan keuntungan bagi laga kali ini, “Semua berharap terbaik, medali emas itu menjadi targetnya,” ujarnya.


Reporter: Tasmalinda
Editor: Mukhlison

Mukhlison Sri Widodo
31-08-2018 10:45