Main Menu

Raih Emas Sepakbola, Tim Korsel Terhindar dari Wajib Militer

Arif Prasetyo
02-09-2018 14:36

Selebrasi pemain tim sepak bola Korea Selatan setelah meraih medali emas.(ANTARA FOTO/INASGOC/ARY KRISTIANTO/re1)

Jakarta, Gatra.com - Son Heung-min akan bergabung kembali dengan rekan setimnya di Tottenham Hotspur Liga Premier Inggris pekan depan setelah Korea Selatan meraih medali emas di sepakbola putra Asian Games 2018 di Jakarta.

 

Keputusan Spurs untuk mengizinkan Son mengikuti turnamen tim di bawah 23 tahun sudah tampak seperti bisnis yang cerdik setelah ia memimpin Korea Selatan meraih medali emas yang memberinya di bawah ancaman kewajiban tugas militer.

Salah satu dari tiga pemain di atas usia 23 tahun yang diizinkan dalam skuad Korea, pemain depan 26 tahun ini menandatangani kontrak baru lima tahun dengan klub London dan mengucapkan terima kasih kepada manajer Spurs Mauricio Pochettino setelah menang 2-1 dalam perpanjangan waktu melawan ke Jepang pada Sabtu (1/9).

"Saya sangat berterima kasih kepada Tottenham karena mereka mengizinkan saya datang ke Jakarta," kata Son kepada AFP.

"Biasanya itu bukan keputusan yang mudah. Saya akan merasa sangat menyesal jika tidak memenangkan medali emas," tambahnya, setelah terhindar hampir dua tahun mengikuti wajib militer.

Nasib Son telah menangkap hati para penggemar Spurs, melalui media sosial, untuk mengharapkan keberuntungan pemain di Indonesia.

Hampir setiap laki-laki Korea Selatan yang berbadan sehat diharuskan untuk melakukan 21 bulan dinas militer sebelum usia 28, meskipun pemerintah memberi penghargaan medali emas Asian Games dan medali Olimpiade dengan warna apa pun dengan pengecualian.

"Saya sangat berterima kasih atas semua dukungan," kata Son, yang akan kehilangan setidaknya tiga pertandingan pada awal musim Liga Primer karena bermain di Asian Games.

"Ini sangat berarti bagi saya. Sekarang saya menantikan untuk kembali ke Inggris dan menunjukkan apa yang bisa saya lakukan. Saya akan terus bekerja keras untuk Tottenham."


Arief Prasetyo

 

Arif Prasetyo
02-09-2018 14:36