Main Menu

Penutupan Asian Games, Jokowi : Semangat Energy of Asia Tidak Berhenti Disini

Birny Birdieni
02-09-2018 19:49

Presiden Joko Widodo (tengah) didampingi Gubernur NTB TGB Zainul Majdi (ketiga kanan) bersama warga korban gempa nonton bareng upacara penutupan Asian Games (ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/yus4)

Jakarta, Gatra.com- Cuaca hujan di area Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta saat upacara penutupan Asian Games 2018 pada Minggu (2/9) yang mulai pukul 19.00 WIB lalu tak menyuruti semangat rangkaian acara tersebut.

 

Penutupan Asian Games kali ini minus dihadiri Presiden Joko Widodo. Namun saat kehadiran Wakil Presiden RI Jusuf Kalla dan Mufidah Jusuf Kalla, kembang api pun menyala ke angkasa meramaikan seremonial ini.

Turut hadir juga Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, dan Presiden Dewan Olimpiade Asia (OCA) Syeikh Ahmad Al Fahad Al Sabah.

Kemudian dilanjutkan dengan pengumandangan lagu kebangsaan Indonesia Raya yang dibawakan oleh paduan suara anak The Resonanz mengiringi pasukan pengibar bendera.

Aksi ratusan marching band dari akademi polisi dan akademi militer pun langsung menghentak Stadion Utama GBK. Hingga akhirnya rombongan dari masing-masing kontingen setiap negara yang ikut serta dalam Asian Games 2018 ini ikut menyoraki ribuan penonton.

Terakhir, kontingen Indonesia yang berhasil mempersembahkan 68 medali, yakni 31 Emas, 24 Perak, dan 43 Perunggu turut menyemarakkan dengan disambut riuh penonton di GBK.

Dalam kesempatan itu, Jokowi  yang memang sedang melakukan  kunjungan ke Lombok, Nusa Tenggara Barat menyampaikan permohonan maaf atas ketidakhadirannya lewat telekonferensi yang disiarkan di GBK. Jokowi nampak didampingi oleh Gubernur Nusa Tenggara Barat, TGH Muhammad Zainul Majdi.

"Merasakan semangat sama dengan anda semua di GBK. Semangat kebersamaan untuk bangkit terus kembali," ungkap Jokowi.

Jokowi mengatakan bahwa Asian Games 2018 memang telah berakhir disini. "Namun semangat Energy of Asia tidak berhenti disini. Selamat, ini Energy of Asia sebenarnya bersatu bersama," katanya menyemangati.

Tidak hanya itu Jokowi mengapresiasi akan optimisme berkat energi positif sehingga Indonesia mendapat emas melebihi dari target raihan bagi Indonesia selama ajang Asian Games selama ini.

"Banyak terimakasih kepada rakyat Indonesia yang buat Asian Games sukses. Indonesia jadi tuan rumah ramah bagi tamu kita. Semoga semangat ini jadikan Indonesia besar dan bersatu," pungkasnya.


Birny Birdieni

Birny Birdieni
02-09-2018 19:49