Main Menu

Palembang Bercita-Cita Jadi Tuan Rumah Olimpiade

Iwan Sutiawan
03-09-2018 09:48

Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin. ( GATRA/Tasmalinda/re1)

Palembang, Gatra.com - Perhelatan olahraga tingkat Asia, Asian Games XVIII resmi berakhir, Minggu kemarin (2/9). Setelah dinyatakan berhasil menjadi tuan rumah, Palembang bercita-cita menjadi tuan rumah perhelatan olahraga lebih besar, yakni olimpiade.

 

Harapan ini disampaikan Gubernur Sumsel, Alex Noerdin dalam video tapping yang diputar di sela-sela acara pesta penutupan Asian Games di plaza Jakabaring Sport City (JSC) Palembang. Dalam video berdurasi sekitar 10 menitan itu, Alex menyatakan menutup Asian Games 2018 di Palembang.

Dia menyatakan, sampai dengan penutupan Asian Games 2 September ini, Palembang terus memberikan yang terbaik bagi penyelenggaraan ajang ini. Palembang telah mengukir sejarah baru bagi Indonesia tahun ini, yakni sebagai tuan rumah Asian Games selain Ibu Kota Indonesia, Jakarta. Karena itu, Palembang juga siap menyelenggarakan perhelatan olahraga lebih besar lainnya, seperti olimpiade.

"Keberhasilan Palembang menjadi tuan rumah merupakan bukti Palembang telah mampu. Kini, Palembang bersiap menjadi tuan rumah bagi perhelatan lainnya. Palembang siap menjadi tuan rumah Olimpiade," ujar Alex dalam video tersebut.

Dalam video itupun Alex menyatakan pesta olahraga seperti halnya Asian Games, tidak hanya berbicara mengenai sebuah kompetisi olahraga semata. Banyak hal yang bisa diperoleh dari penyelenggaraan perhelatan olahraga apalagi lebih banyak peserta yang mengikutinya.

"Olahraga tidak hanya berbicara mengenai kompetisi, namun banyak hal lainnya. Asian Games menghantarkan perdamaian, nilai kemanusian, persatuan, dan kesatuan. Semua sudah membuktikan di Asian Games ini," ungkapnya.

Selain menyatakan keinginan agar Palembang menjadi tuan rumah Olimpiade, Gubernur Sumsel dua periode ini mengucapkan selamat bagi seluruh atlet yang sudah mampu menoreh keberhasilannya di Asian Games ini. Para Atlet yang berjuang membawa nama Indonesia juga merupakan pahlawan bagi bangsa.

"Saya ucapkan selamat bagi Indonesia, bagi semua atlet yang telah mampu membawa Indonesia pada urutan keempat. Selamat bagi atlet di Palembang yang juga mencetak sejarah terbarunya, Indonesia bangga pada kalian," ujar Alex seraya bersyukur atas terlaksana Asian Games di Palembang.

Penutupan Asian Games di Palembang dimeriahkan oleh artis ibu kota, seperti JKT 48 dan Virzha Idol. Tampil juga beragam tari kreasi dari Kota Palembang sebagai perkenalan budaya kepada para atlet dan official yang masih berada di Palembang.


Reporter: Tasmalinda
Editor: Iwan Sutiawan

Iwan Sutiawan
03-09-2018 09:48