Main Menu

Atlet Asian Games Asal Sumsel Diberi Bonus Rp15 Juta

Iwan Sutiawan
06-09-2018 01:25

Atlet Triathlon Indonesia Jauhari Johan (ANTARA/INASGOC/Mumahmmad Adimaja/FT02)

Palembang, Gatra.com - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Pemprov Sumsel), melalui Dinas Pemuda dan Olahraga memberikan bonus masing-masing sebesar Rp15 juta kepada 13 atlet yang telah berlaga di Asian Games XVIII pekan lalu.

 

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Sumsel, Yusuf Wibowo, mengatakan, ini merupakan bentuk tali kasih mengingat bonus atas prestasi atlet juga diberikan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumsel.

"Ini sifatnya tali kasih saja, lebih kepada apresiasi atas prestasi mereka yang telah turut berjuang di Asian Games di Palembang. Untuk bonus atlet, itu KONI juga ada," ujarnya kepada Gatra.com, Rabu (5/9).

Kadispora Sumsel tengah menyalurkan bonus tersebut kepada 13 atlet asal Sumsel di antaranya dua atlet dari cabor atletik, yakni Rio Maholtra dan Sri Maya Sari, tiga atlet cabor rowing dan kano, yakni Yuniarty, Maryati dan Reski Wahyuni.

Selain itu, dua atlet menembak yakni Fidela Puspa Dewi dan Maharani Ardy, serta dua atlet triatlon yakni Jauhari Johan dan Muhammad Ahlul Firman. Mereka masing-masing mendapatkan bonus Rp15 juta.

Ketiga atlet lainnya yang juga mendapatkan bonus yakni dua di antaranya dari polo air putri, yakni Siti Balkis dan Rani Raida serta satu atlet gulat yakni Ronald Lumbantoruan. "Untuk atlet yang mendapatkan medali emas, Hinayah Muhammad diberi satu unit rumah," ujarnya.

Hinayah Muhammad merupakan atlet cabor panjat tebing yang memperoleh emas bersama dengan tim dalam nomor mens speed relay. Menurut Yusuf, untuk hadiah berupa satu unit rumah, pemerintah sedang mengoordinasikannya dengan sang atlet. Mengingat sang atlet menghendaki pembangunan rumahnya di Kabupaten Musi Banyuasin (Muba).

"Kami sedang mencarikan lokasinya. Bersama dengan pemerintah kabupaten, mengakomodir keinginan sang atlet," kata Yusuf, menambahkan.

Pemberian bonus kepada atlet sudah diatur oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). Pemerintah pusat juga sudah mengucurkan hadiah bagi para atlet yang berprestasi di Asian Games lalu. Apresiasi yang diberikan kepada sang atlet pun beragam, misalnya uang tunai, diangkat menjadi pegawai negeri sipil atau bentuk lainnya.

Kata Yusuf, pemerintah provinsi juga sudah pernah menyalurkan apresiasi kepada atlet Sumsel. Beberapa di antaranya berupa bonus keberangkatan ke tanah suci, uang pembinaan, dan bentuk lainnya.

"Setidaknya sudah 21 atlet Sumsel yang menerima apreasiasi dari pemerintah provinsi dengan berbagai bentuknya," kata dia.

Pemprov menargetkan prestasi atlet asal Sumsel semakin berkembang. Apresiasi yang diberikan pemerintah hendaknya dinilai sebagai bentuk perhatian dalam pengembangan prestasi atlet di Sumsel.

Selain itu, kata Yusuf, juga diharapkan menjadi penyemangat bagi atlet agar semakin berprestasi. "Apresiasi ini berupa nilai plus, agar lebih bersemangat meningkatkan prestasinya."


Reporter: Tasmalinda
Editor: Iwan Sutiawan

Iwan Sutiawan
06-09-2018 01:25