Main Menu

JK Siap Sokong Keperluan Asian Games 2018

Wanto
11-04-2017 19:15

Jusuf Kalla Tinjau Venue Asian Games 2018 di Palembang (ANTARA/Nova Wahyudi)

Palembang, GATRAnews - Wakil Presiden Jusuf Kalla (Wapres JK) mengapresiasi kemajuan pembangunan venue dan infrastruktur Asian Games 2018 saat mengunjungi Palembang, Sumatera Selatan, Sabtu (8/4). Dalam kunjungan selama enam jam di Bumi Sriwijaya itu, Wapres JK didampingi oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia Tono Suratman, Ketua Komite Olimpiade Indonesia, Erick Thohir, dan Ketua Satlak Prima Achmad Soetjipto yang datang satu pesawat.



"Saya melihat kemajuan secara langsung di Palembang, dan saya mengapresiasi apa yang sudah dilakukan hingga saat ini. Memang semuanya sedang dalam proses, dan semua akan selesai di akhir tahun ini," ujar Wapres JK dalam keterangan tertulis yang diterima GATRAnews, Senin, (10/4).

Setiba di Palembang, wapres langsung menuju Jakabaring Sports City (JSC) dan meninjau venue menembak, jet ski, dayung, dan rumah susun sederhana sewa (Rusunawa) yang akan digunakan untuk wisma atlet.

Selama meninjau, Wapres JK dan rombongan dengan seksama mendengarkan penjelasan pimpinan proyek, Eki Arsita Rizki, yang bertanggungjawab atas pembangunan venue menembak dan dayung.

"Kami bekerja seiring dengan proses pengerasan lahan di area ibi yang dikerjakan kementerian pekerjaan umum dan perumahan rakyat. Jadi ada proses yang harus dikerjakan dulu berkaitan dengan lahan rawa yang berair ini sebelum kami bekerja untuk membangun fisik," ujar pria yang mewakili PT Nindya Karya itu.

Secara keseluruhan kemajuan arena-arena di Palembang yang akan memanggungkan 10 cabang olahraga itu cukup signifikan. Venue menembak dari rencana 22,81% sudah mencapai 24,25%. Venue dayung sudah 11,51% (rencana 11,4%), convention hall untuk arena tenis dan soft tenis sudah 25% (25%), serta boling yang sudah 55,58% (54,43%). Bahkan jalur light rail transit (LRT) yang menghubungkan antra bandara dengan JSC dari rencana 34,45% sudah diselesaikan 39,71%.

"Intinya, kami tidak memiliki masalah dalam pembangunan, kecuali pendanaan karena kami masih menunggu bantuan dan dukungan dari pemerintah, melalui Kemenpora berjumlah Rp 85 milyar dan juga INASGOC yang besarnya Rp 75 milyar," ujar Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin dalam rapat terbatas dengan Wapres JK di Griya Agung.

Wapres JK sendiri saat mendengar permintaan orang nomor satu di Sumatera Selatan itu menanggapi akan memperhatikan permintaan bantuan yang diharapkan. "Melihat apa yang sudah dan akan dilakukan Palembang, saya pikir akan mencarikan solusinya. Baik lewat dana pemerintah, ataupun sponsor karena bagaimanapun juga proyek Asian Games harus juga melibatkan pihak swasta," tambahnya.

Erick Thohir juga mengungkapkan pandangan senada dalam upaya untuk mengatasi pendanaan pmbangunan venue di tengah keinginan pemerintah pusat untuk melakukan penghematan. "Saya melihat beberapa venue sudah melibatkan swasta, seperti PT Bukit Asan atau APP Pulp dalam membangun venue. Hal itu akan levih digencarkan. Tak hanya untuk Palembang tapi juga Jakarta," jelas Erick.

Menurut juru bicara KOI Raja Parlindungan Pane, kunjungan Wapres JK ke Palembang memperlihatkan semangat dalam kapasitas sebagai Ketua Tim Pengarah Asian Games 2018 "Kami di KOI dan INASGOC terpacu melihat semangat beliau yang turun dan mendengarkan langsung kemajuan pembangunan di Palembang. Sebelumnya, ia melakukan di Jakarta sehingga kami sangat menghargai dan siap bekerja lebih keras lagi," ucapnya.



Reporter: Wanto
Editor: Edward Luhukay

Wanto
11-04-2017 19:15