Main Menu

Dompet Dhuafa Targetkan Sebar 22.000 Hewan Kurban ke Pelosok Negeri

Edward Luhukay
07-09-2015 22:16

Jakarta, GATRAnews - Lembaga kemanusiaan Dompet Dhuafa menargetkan menyebar 22.000 hewan kurban ke berbagai pelosok negeri pada Idul Adha 1436 Hirjiah. Selain dalam negeri, sebagian hewan kurban akan didistribusikan pula ke beberapa negara. Aktivitas penyebaran hewan kurban tersebut bergulir melalui program Tebar Hewan Kurban (THK). Program ini bergulir sejak 1994 dan kini memasuki penyelenggaran kali ke 23 di tahun ini.

"(THK) ini menjadi puncak panen para peternak lokal mitra pemberdayaan Dompet Dhuafa. Karena, pasokan ternak program THK berasal dari 49 mitra pemberdayaan Dompet Dhuafa di seluruh Indonesia," kata Direktur Eksekutif Dompet Dhuafa, Yuli Pujihardi pada pekan lalu di Jakarta, melalui siaran pers yang diterima GATRAnews.

Melalui program THK, daging kurban dapat terdistribusi setidaknya ke 17 provinsi di seluruh Indonesia, di 182 kabupaten, 469 kecamatan, dan 1.166 desa kepada masyarakat yang kurang beruntung. Sebagaimana salah satu gagasan program di awal bergulir,  agar daging kurban tidak menumpuk di kota-kota besar.

"Daerah-daerah yang menerima penyaluran hewan kurban THK mayoritas diterima masyarakat yang tinggal di pelosok-pelosok Nusantara, rawan gizi, terbelakang, miskin, daerah yang terkena bencana dan kerusuhan, wilayah berbatasan dengan negara tetangga, kawasan dalam pegunungan, pesisir pantai, hingga pulau terluar dalam negeri ini," terang Yuli.

Daerah-daerah di Nusantara yang menjadi wilayah distribusi THK antara lain Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa  Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Maluku,  dan NTT.

"Untuk di dalam negeri kita juga mendistribusikan ke Tolikara, Papua dan Langsa, Aceh untuk para pengungsi Rohingya," jelasnya.

Sedangkan untuk luar negeri, tahun ini Dompet Dhuafa menyalurkan hewan kurban ke Mindanau, Filipina dan Gaza, Palestina. Yuli menuturkan, jenis hewan yang akan didistribusikan di Gaza adalah unta.

Editor: Edward Luhukay

Edward Luhukay
07-09-2015 22:16